Selasa 10 Maret 2020, 18:11 WIB

RSUP Sardjito Rawat Satu Pasien Baru Suspect COVID-19

Ardi Teristi | Nusantara
RSUP Sardjito Rawat Satu Pasien Baru Suspect COVID-19

MI/Lilik
Simulasi penanganan pasien korona

 


RSUP Sardjito, Yogyakarta merawat pasien baru yang masuk dalam kategori pengawasan suspect COVID-19. Pasien tersebut berkelamin laki-laki. Usianya sekitar 3 tahun.

"Hingga detik ini tidak ada pasien yang terinfeksi virus korona di RSUP Sardjito. Pasien anak yang masuk pengawasan sekarang sedang diperiksa dan sedang menunggu hasil lab dari Litbangkes," ujar Plh Dirut RSUP Sardjito, Rukmono Siswishanto.

Baca juga: Pasien Meninggal di RS Sardjito Diduga Kena Serangan Jantung

Kepala Poli Anak RSUP Sardjito, Amalia Setyati menjelaskan anak tersebut masuk dalam pengawasan karena dari tanggal 27 Februari-3 Maret berkunjung ke Depok, Jawa Barat. Setelah kembali ke Yogyakarta, pasien tersebut mengalami, batuk, pilek, demam, dan sesak nafas.

"Di Depok, pasien tidak ada kontak dengan pasien positid COVID-19," katanya. Namun, karena di Depok ada pasien yang sudah positif COVID-19, pasien anak yang mengalami gejala batuk, pilek, demam, dan sesak nafas llau dimasukkan dalam kategori pengawasan.

Sambil menunggu hasil uji sampel dari Litbangkes, RSUP Sardjito merawat pasien anak hasil rujukan dari PKU Muhammadiyah Yogyakarta tersebut di
ruang isolasi dan diberi obat antibiotik.

Saat ini, kondisi pasien sudah tidak demam dan nafasnya sudah tidak cepat, atau 36 kali per menit. Pernafasan terbilang cepat kalau dalam semenit di atas 40 kali.

Sebelumnya, RSUP Sardjito juga telah merawat tujuh pasien yang masuk dalam pengawasan Covid-19. Ketujuh pasien tersebut dinyatakan negatif COVID-19. (OL-14)

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Awasi ODP, Gubernur Babel akan Gunakan Aplikasi Android

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Sabtu 04 April 2020, 17:48 WIB
Aplikasi ini mampu melakukan tracing, tracking, dan fencing ODP di Babel secara real time selama 14...
Antara

Warga Padangsidempuan Wafat saat Menuju RSUP Adam Malik

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 04 April 2020, 16:39 WIB
"Pasien ini Death on Arrival, begitu sampai sudah meninggal,"...
MI/Yoseph Pencawan

Tenaga Medis di Medan Dapat Makan dan Kopi Gratis

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 04 April 2020, 16:26 WIB
Ghiffari menuturkan, selain bentuk apresiasi terhadap dedikasi para tenaga medis, bantuan ini juga untuk menyemangati dan menghibur...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya