Selasa 10 Maret 2020, 17:20 WIB

Antisipasi Dinamika Ekonomi Global dengan Produksi Pertanian

mediaindonesia.com | Ekonomi
Antisipasi Dinamika Ekonomi Global dengan Produksi Pertanian

DOK KEMENTAN

 

Dosen Pertanian dari Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB), Harianto, mendukung upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan produksi pertanian melalui gerakan nasional peningkatan produktivitas dan produksi komoditas pertanian 2020.

"Saya mendukung peningkatan ini karena kita harus mempertahankan pangan Indonesia dalam menghadapi perubahan iklim dan dinamika ekonomi global yang terjadi saat ini," ujar Harianto dalam Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (10/03/2020).

Menurut Harianto, langkah tersebut harus disikapi secara serius karena dampak perubahan iklim akan membuat banyak negara krisis serta merasa sulit untuk meningkatkan kualitas produksi pertanian.

"Di satu sisi, hal ini menjadi kesempatan bagus bagi Indonesia karena diuntungkan dengan garis demografis, di mana banyak penerus-penerus petani muda yang akan berdatangan," katanya.

Menurut Harianto, bonus demografi tersebut akan menguntungkan Indonesia karena ada 10 miliar lebih generasi baru tumbuh di seluruh dunia. Karena itu, perubahan ini harus disikapi secara serius dengan kesigapan memperkuat kebutuhan pangan nasional.

Sebagai informasi, intensitas musim kemarau tahun 2019 jauh lebih besar ketimbang musim kemarau di tahun 2018. Musim kemarau tahun lalu lebih banyak dipengaruhi aktivitas Indian Dipole Mode (IOD) dengan posisi positif hampir di sepanjang semester kedua tahun 2019. Selain itu musim kemarau tahun 2019 juga banyak dipengaruhi oleh suhu muka laut di Indonesia bagian selatan yang secara umum lebih dingin dari biasanya.

"Indonesia harus meningkatkan kesiapan dalam menghadapi gejolak tersebut. Saya optimistis kita bisa setara bahkan bisa melewati Singapura untuk kesiagaan ini," tutupnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

Antara/Adeng Bustomi

Jaga Daya Beli, Presiden Minta Program Padat Karya Diperbanyak

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 07 April 2020, 12:38 WIB
Dengan begitu, kegiatan perekonomian di level bawah tetap berjalan dan daya beli masyarakat...
MI/Susanto

Maret, Cadangan Devisa Turun Jadi US$ 121 Miliar

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 07 April 2020, 11:03 WIB
Bank Indonesia memastikan cadangan devisa masih cukup untuk stabilitas nilai tukar rupiah, kebutuhan impor dan pembayaran utang luar negeri...
Istimewa

Gandeng BRI, Kakorlantas Polri Cek Suhu Tubuh Driver Ojol

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 April 2020, 10:35 WIB
Korlantas Polri menggelar operasi keselamatan dengan menggunakan drone untuk mendeteksi suhu tubuh kepada para pengguna jalan, khususnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya