Selasa 10 Maret 2020, 14:18 WIB

Hadapi Pilkada, NasDem dan PAN Petakan Calon yang Diusung Bersama

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Hadapi Pilkada, NasDem dan PAN Petakan Calon yang Diusung Bersama

MI/ Indriyani Astuti
Ketua Umum DPP NasDem, Surya Paloh terima kunjungan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, di Gondangdia, Jakarta, Selasa (10/3).

 

PEMETAAN calon kepala daerah yang akan diusung secara bersama antara Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Amanat Nasional (PAN) ditargetkan rampung pekan ini.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengatakan, ada beberapa hal yang telah disepakati dengan PAN, salah satunya berkaitan dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Spesifiknya belum ada secara keseluruhan tapi dalam minggu ini akan kami tuntaskan itu kesepakatan tadi. Mana yang bisa disinergikan baik dari PAN, dan keluarga besar Nasdem dalam mengusung berbagai tingkat provinsi/kabupaten dan kota," ujar Surya, saat menerima kunjungan silaturahmi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Selasa (10/3).

Rombongan DPP PAN yang tiba di Kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta, Selasa (10/3) yakni, Ketua Umum DPP PAN Zulkifly Hasan yang terpilih untuk periode 2020-2025 pada Muktamar PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Februari 2020. Kemudian fungsionaris PAN Wakil Ketua Umum Asman Abnur, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Suparno, Pimpinan DPP PAN Viva Yoga Mauladi, dan Yandri Susanto.Turut pula hadir Majelis Penasihat Partai Soetrisno Bachir, Ketua Majelis Penasehat Partai (MPP) PAN Hatta Rajasa.

Selain topik soal pilkada, Surya menuturkan kedua belah pihak juga membahas mengenai kebijakan pemerintah dan kesiapan bersama menghadapi pilkada termasuk keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai pelaksanaan pemilu yang tetap serentak.

Menurut Surya, pertemuan berlangsung cair, hubungan yang sudah terbina selama ini antar kedua partai politik harus diteruskan dan dipertahankan untuk kepentingan yang jauh lebih besar.

"Pertemuan ini dalam suasana kebatinan hangat, saling menyapa membicarakan masalah-masalah yang tidak terbatas pada hubungan formal dari institusi kedua partai tapi diselang-selingi menyangkut semangat kekeluargaan yang dimiliki," ucapnya.

Zulkifly Hasan menambahkan kunjungan pengurus DPP PAN kali ini antara lain bersilaturahmi sekaligus mengundang Ketua Umum Partai Nasdem dan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem untuk menghadiri pelantikan pengurus DPP PAN yang baru pada 25 Maret 2020 yang akan digelar di Jakarta.

"Insya Allah juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo," imbuhnya.

Selain itu banyak hal yang juga dibahas antara lain, ujar Zulkifly mengenai Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Ia menjelaskan banyak hal yang harus disempurnakan antara lain meninjau ulang keserentakan pemilu sebab pada 2019 dilaksanakannya pemilu serentak membuat petugas pemilu kewalahan.

"Banyak petugas yang meninggal," tutur Zulkifly. (OL-2)

Baca Juga

Antara/Irwansyah Putra

Kemendagri Terbitkan Pedoman New Normal untuk ASN

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:38 WIB
Untuk menerapkan pedoman itu diperlukan persyaratan tertentu. Apabila syarat-syarat penting ini sudah dipenuhi baru bisa...
Antara/Yudhi Mahatma

KPK Ajak Publik Awasi Bansos Pandemi Covid-19

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:28 WIB
Keluhan atau laporan yang masuk ke JAGA Bansos, akan diterima KPK, kemudian diteruskan kepada pemerintah daerah...
ANTARA

Eks Napiter Berperan Penting Ciptakan Perdamaian

👤Antara 🕔Jumat 29 Mei 2020, 19:10 WIB
KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar mengatakan para mantan narapidana kasus terorisme...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya