Selasa 10 Maret 2020, 09:25 WIB

Virus Korona Mewabah, JIS Libur

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Virus Korona Mewabah, JIS Libur

MI/IMMANUEL ANTONIUS
Petugas beraktivitas di TK Jakarta International School (JIS), Jakarta Selatan.

 

KEPALA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana menuturkan beberapa sekolah internasional meliburkan seluruh jajaran dan siswanya karena mewabahnya virus korona. Salah satunya ialah Jakarta Intercultural School atau JIS.

"Ada salah satu sekolah, JIS, akan meliburkan anak-anak pada hari ini. Keputusan untuk libur atau tidak, bukan kebijakannya dari kami. Ini memang kondisinya luar biasa, bahwa virus (korona) ini menyebar," kata Nahdiana saat dikonfirmasi, Selasa (10/3).

Sekolah internasional lain yang sudah meliburkan siswanya ialah ACG Jakarta sejak (3/3) lalu.

Menurut Nahdiana, keputusan sekolah internasional untuk menutup sementara itu karena menganggap virus korona masalah serius dan darurat.

Baca juga: Formula-e Dibatalkan jika Penularan Covid-19 Tidak Terkendali

"Sekolah internasional kan hampir sebagian besar itu warga negara asing. Jadi mereka secara urgent memutuskan untuk home learning (belajar di rumah) dengan pengawasan guru dengan pendampingan orangtua. Ini kondisinya luar biasa," tutur Nahdiana.

Menurut Nahdiana, sudah ada lima sekolah yang menyatakan menutup sementara akses belajar langsung. Ia mengatakan para siswa bisa belajar di rumah dengan sistem daring.

"Iya secara online (daring), karena kondisi memang luar biasa. Kalau kurikulum internasional kan memang kurikulumnya menyesuaikan. Intinya bisa kita pastikan enggak ada layanan masyarakat yang terkurangi," ucap Nahdiana.

Ia tidak mengetahui apakah sekolah yang meliburkan siswanya itu minta diawasi terkait virus korona. Menurutnya, masa penutupan sekolah paling lama ialah 14 hari.

"Mereka hanya menginformasikan ke kita bahwa mereka melakukan pembelajaran di rumah. Kami ranahnya adalah bagaimana pembelajaran itu (tetap berjalan) dan itu bisa kami siasati dalam kondisi seperti ini," tandas Nahdiana. (OL-1)

Baca Juga

MI/Susanto

Ingin Ojol Tetap Angkut Penumpang, Anies Dinilai Tabrak Aturan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 09 April 2020, 12:54 WIB
“Sebelumnya, gubernur ingin sekali menerapkan kebijakan PSBB di DKI, setelah diizinkan pusat malah membuat aturan lain. Ini kan...
MI/PIUS ERLANGGA

PDIP Soroti Pendataan Penerima Bansos dari Pemprov DKI

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 09 April 2020, 12:25 WIB
Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Ima Mahdiah menyoroti proses pendataan bansos oleh Pemprov DKI yang disebut ada 3,7 juta jiwa. Dari...
Antara

Vanessa Angel Tersangka Kasus Narkoba

👤Antara 🕔Kamis 09 April 2020, 12:23 WIB
Selebritas Vanessa Angel kembali dijemput anggota Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat di kawasan Kembangan untuk pemeriksaan tambahan,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya