Selasa 10 Maret 2020, 08:33 WIB

Jelang Pilkada, FKUB Sumut Ajak Tokoh Agama Sampaikan Pesan Damai

Apul Iskandar | Nusantara
Jelang Pilkada, FKUB Sumut Ajak Tokoh Agama Sampaikan Pesan Damai

ANTARA FOTO/Aji Styawan
Menjelang Pilkada 2020, tokoh agama meminta masyarakat menjaga kerukunan dan toleransi.

 

PENGURUS Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumatra Utara (Sumut) saat bersilaturahim ke FKUB Kota Pematangsiantar, meminta para tokoh agama untuk berperan menyampaikan pesan damai di tahun politik, tahun yang rawan terjadi ketegangan sosial dan konflk. Rombongan diterima Walikota Pematangsiantar Hefriansyah beserta jajarannya di Ruang Data Sekretariat Daerah Kota Pematangsiantar, Senin (9/3).

Ketua FKUB Sumut Maratua Simanjuntak mengatakan FKUB merupakan sebagai wadah tokoh lintas agama memiliki peran sejak dini untuk berpartisipasi mewujudkan pesta demokrasi, yang sukses dan terhindar konflik yang mengatasnamakan agama, katanya. Ia menambahkan kehadiran para tokoh agama di Pematangsiantar untuk berdialog dan diskusi, guna menyukseskan Pilkada serentak tahun 2020.

"Kita ketahui agama sangat rentan ditarik untuk kepentingan tertentu selama tahun politik. Hal ini didukung kemajuan teknologi informasi, khususnya media sosial dalam bentuk hoax, ujaran kebencian, dan penyebaran praduga bukan fakta. Tokoh agama harus jadi benteng paling depan melakukan langkah pencegahan sebelum adanya konflik," sebutnya.

Sebelumnya, Ketua FKUB Kota Pematangsiantar HM Ali Lubis mengatakan, Kota Pematangsiantar adalah kota yang dijuluki sebagai salah satu kota toleran di Indonesia. Buktinya, masyarakat Kota Pematangsiantar sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kekerabatan/persaudaraan, walaupun kota ini sangat pluralis dan terdiri atas berbagai suku, ras, dan agama.

"Untuk itu marilah kita sama-sama menjaga dan sekaligus merawat/memelihara nilai-nilai luhur tersebut, dalam menyukseskan Pilkada serentak di kota kita tercinta ini," ajaknya.

Tahun ini Kota Pematangsiantar akan melaksanakan Pilkada 2020. Atas dasar itulah, menjadi dasar FKUB Provinsi Sumut berkeinginan menyaksikan persiapan Kota Pematangsiantar dalam Pilkada 2020 dan tetap menjaga kerukunan umat beragama.

baca juga: Tersangka Korupsi Benih Bawang Merah di NTT Bertambah 4 Orang

Sementara Hefriansyah berharap melalui sinergitas program kerja FKUB Kota Pematangsiantar dengan Pemkot Pematangsiantar, bisa menciptakan suasana dan kondisi yang kondusif.

"Semoga dapat menciptakan suasana kondusif bagi masyarakat, khususnya dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020," harap Hefriansyah. (OL-3)

 

 

 

 

Baca Juga

Antara/Moch Asim

Kasus Covid-19 Tinggi, Khofifah Perpanjang Belajar Daring

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 31 Mei 2020, 19:03 WIB
Kasus positif covid-19 di Jawa Timur mencapai 4.857 orang dan 396 orang dinyatakan meninggal...
Antara

Pedagang Pasar Tradisional Cirebon Positif Covid-19

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 19:02 WIB
PEDAGANG Pasar Tradisional di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah setelah beberapa hari yang lalu...
Antara/Destyan Sujarwoko

Pentingnya Melakukan Rapid Test Massal

👤M Taufan SP Bustan 🕔Minggu 31 Mei 2020, 19:00 WIB
Kota Palu, Kabupaten Poso, dan Kabupaten Buol adalah tiga daerah yang termasuk zona transmisi lokal. Oleh karena itu, di tiga daerah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya