Selasa 10 Maret 2020, 07:38 WIB

RI dan Belanda Teken Kerja Sama Penguatan Kapasitas Perempuan

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
RI dan Belanda Teken Kerja Sama Penguatan Kapasitas Perempuan

MI/Haufan Hasyim Salengke
Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Belanda Stef Blok menadatangani MoU di Plataran Taman Kota, Senayan.

 

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi bertemu Menteri Luar Negeri Belanda Stephanus Abraham (Stef) Blok untuk membahas persiapan terakhir pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Raja Willem-Alexander dari Belanda yang akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 10-13 Maret 2020.

“Kunjungan ini akan menjadi momentum baru kemitraan Indonesia-Belanda kedepan,” ujar Retno dalam sebuah keterangan tertulis Kemenlu RI, Senin (9/3).

Secara khusus, Menlu Stef Blok menyampaikan simpati dan duka cita atas kecelakaan tabrakan perahu di Sebangau, yang telah mengakibatkan korban jiwa, termasuk Komandan Kodim 1011/ Kuala Kapuas.

Sebelum pertemuan dimulai, kedua Menlu telah menandatangani dua perjanjian kerja sama bilateral, Senin (9/3) malam. Yaitu Letter of Intent (LoI) on Women, Peace, and Security dan nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama pelatihan diplomat.

“LoI on Women, Peace, and Security merupakan bentuk kolaborasi kedua negara untuk memperkuat kapasitas perempuan dalam perdamaian dan keamanan, melalui program pelatihan bagi peacekeepers dan mediator,” ujar Retno.

Baca juga: Menlu RI-Belanda Tandatangani Kerja Sama Multisektor

Kesepakatan bilateral ini ditandatangani, sejalan dengan peran aktif Indonesia dalam pemajuan peran perempuan dalam perdamaian dan keamanan, baik di kawasan, maupun global.

Di antaranya melalui inisiatif pembentukan ASEAN Women Mediators Network dan pembentukan Jaringan Solidaritas Wanita Afghanistan-Indonesia di Kabul awal Maret lalu.

Pada pertemuan tersebut, kedua Menlu juga membahas mengenai kerja sama ekonomi, terutama rencana investasi pabrik Friesland Campina di Indonesia.

Menlu Retno menyampaikan pemerintah Indonesia menyambut baik berbagai investasi baru yang akan dilakukan oleh perusahaan Belanda di Indonesia, termasuk perluasan investasi pabrik susu FrieslandCampina senilai US$300 juta.

Belanda merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Eropa. Investasi Belanda di 2019 menduduki peringkat pertama dari Eropa. Belanda merupakan mitra ke-2 terbesar perdagangan dengan Eropa, dan turis Belanda merupakan ke-4 terbesar dari Eropa.

Selain itu, kedua Menlu juga membahas berbagai isu-isu global termasuk perkembangan wabah virus korona (Covid-19), dan peran aktif Indonesia dalam proses perdamaian di Afghanistan. (OL-1)

Baca Juga

AFP/STR

Maroko Wajibkan Warga Gunakan Masker

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 April 2020, 08:45 WIB
Maroko telah memberlakukan darurat kesehatan nasional sejak 19 Maret dengan melarang warga meninggalkan rumah kecuali jika memiliki...
AFP/Kena Betancur/Getty Images

WHO: Dunia Kekurangan 6 Juta Perawat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 April 2020, 08:30 WIB
Kepala Eksekutif ICN Howard Catton mengatakan tingkat infeksi, kesalahan medis, dan tingkat kematian lebih tinggi di negara yang kekurangan...
AFP/BEN STANSALL

Pandemi Covid-19, Miss England Kembali Bertugas Jadi Dokter

👤Dwi Tupani 🕔Selasa 07 April 2020, 08:12 WIB
Mukherjee menerima pesan dari mantan rekannya di rumah sakit lamanya, Rumah Sakit Pilgrim di Boston, Inggris timur, mengatakan kepadanya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya