Senin 09 Maret 2020, 21:35 WIB

Kenaikan Iuran BPJS Dibatalkan MA, DPR: Pemerintah Harus Patuh

Anggitondi Martaon | Humaniora
Kenaikan Iuran BPJS Dibatalkan MA, DPR: Pemerintah Harus Patuh

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Aksi penolakan kenaikan iuran BPJS sebanyak 100 persen

 

KOMISI IX menyambut baik putusan Mahkamah Agung (MA) terkait uji material Peraturan Presiden (Perpes) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan. Putusan tersebut harus segera dijalankan oleh pemerintah.

Anggota Komisi IX DPR Saleh Daulay berharap MA segera mengirimkan salinan putusan kepada pemerintah. Sehingga, salah satu putusan yang membatalkan kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Keaehatan bisa segera diterapkan.

"Dengan demikian tidak ada alasan pemerintah dan operator untuk tetap menaikkan ini (iuran)," kata Saleh saat dihubungi, hari ini.

Politikus PAN itu juga mengungkapkan, jangan sampai putusan tersebut berdampak pada pelayanan kepada masyarakat. BPJS Kesehatan dituntut profesional.

"BPJS sebagai operator harus tetap memberikan pelayanan yang secukupnya, yang memadai sesuai standar kepada masyarakat. Meskipun ini kenaikan tidak jadi diberlakukan," ungkap dia.

Selain itu, mantan Ketua Komisi VIII mengingatkan pemerintah untuk tidak mencari rumus lain menaikan iuran paska keluar putusan MA. Pemerintah diminta mematuhi putusan tersebut.

"Sebaiknya untuk sementara ini kita ikuti dulu aturan yang sudah ditetapkan MA," sebut dia.

Sebelumnya, pemerintah merestui kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Keputusan itu sebagai salah satu upaya mengatasi defisit anggaran perusahaan asuransi plat merah tersebut.

Mantan Wakil Ketua Komisi IX itu pun mengajak pemerintah dan masyarakat untuk berembuk mencari jalan keluar defisit tersebut. Sambil mengevaluasi aturan perundangan sistem jaminan sosial.

"Mana tahu nanti dengan ada evaluasi, kita menemukan solusi paling baik untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada," ujar dia. (Medcom.id/OL-4)

Baca Juga

Dok. MI

Anji Ajari Anak Main Gitar

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 01:50 WIB
MUSISI Erdian Aji Prihartanto atau akrab disapa Anji, 42, mengambil hikmah dari anjuran untuk tinggal di rumah dan work from...
MI/Adam Dwi

Ade Govinda Batal Manggung, Bikin Musik

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 01:15 WIB
GITARIS Govinda Ade Nurulianto, 36, mengaku sedih karena jadwal manggung Govinda banyak yang dibatalkan lantaran pandemi...
Dok. MI

Titi DJ Melek Teknologi selama Karantina

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 00:50 WIB
IMBAUAN pemerintah untuk di rumah saja demi mencegah penularan virus korona membawa kebaikan bagi musisi Titi DJ,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya