Senin 09 Maret 2020, 20:35 WIB

Soal Nasib Gibran di Solo, Megawati akan Umumkan Maret

Soal Nasib Gibran di Solo, Megawati akan Umumkan Maret

AFP
Gibran Rakabuming Raka

 

KETUA Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan calon kepala daerah yang diusung dalam Pilkada Solo dan Medan. Mengapa harus Megawati sendiri yang mengumumkan? Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP PDI-P Bambang Wuryanto mengatakan, dua daerah itu masuk kategori khusus bagi PDI-P.

"Medan dan Solo itu wilayah khusus, ibu (Megawati) akan memberikan pernyataan," ujarnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (9/3).


Seperti diketahui, Pilkada Solo dan Medan berkaitan langsung dengan Presiden Joko Widodo. Di Pilkada Solo, ada putra sulung Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka yang menjadi salah satu bakal calon. Sedangkan di Medan, ada Bobby Nasution yang merupakan menantu Jokowi.

 

Baca juga: Bila tidak Lolos, Gibran Tetap Setia di PDIP

 

Bambang memastikan bahwa PDI-P sudah menetapkan pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusung dalam Pilkada Solo 2020.

"Pilkada Solo sudah selesai, sudah (diputuskan), di depan Bu Ketum (Megawati Soekarnoputri) sudah selesai," kata

Namun, dia enggan mengungkapkan siapa pasangan calon yang akan diusung PDIP di Pilkada Solo tersebut, karena bukan kewenangannya untuk mengatakannya.


"Rekomendasi sudah selesai, soal pengumuman bukan di saya tapi di Ibu Ketua Umum dan Sekjen PDIP," ujarnya.

Dia memperkirakan pengumuman akan disampaikan pada akhir Maret 2020 sehingga ada waktu sekitar lima bulan bagi DPD dan DPC PDIP melakukan persiapan pemenangan di wilayah Solo.


Menurut dia, setelah pengumuman disampaikan maka DPC PDIP Surakarta akan dipanggil DPP PDIP untuk dijelaskan langkah pemenangan. (OL-8)

 

Baca Juga

MI/AGUS MULYAWAN

Hasil Rapid Test, 3 Pegawai dan 1 OB di DPR Positif Covid-19

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 04 April 2020, 19:22 WIB
Indra menuturkan, keempat orang yang terindikasi positif korona melalui rapid test tersebut belum bisa 100% dikatakan sebagai pasien...
Dok MI

Niat Menkumham Bebaskan Koruptor Bakal Menjauhkan Efek Jera

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 04 April 2020, 19:07 WIB
Berdasarkan data ICW, rata-rata vonis Pengadilan Tindak Pidana Korupsi bagi pelaku korupsi hanya menyentuh angka 2 tahun 5 bulan...
Ilustrasi

Begini Kronologi Kecelakaan Tragis Wakil Jaksa Agung Arminsyah

👤Astri Novaria 🕔Sabtu 04 April 2020, 18:06 WIB
Wakil Jaksa Agung Arminsyah meninggal dunia dalam kecelakaan yang terjadi di tol Jagorawi KM 13 pada pukul 14.25, Sabtu (4/4)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya