Senin 09 Maret 2020, 22:45 WIB

Korut Kembali Luncurkan Rudal

Korut Kembali Luncurkan Rudal

AFP
Korut Kembali Luncurkan Rudal

 

KOREA Utara Senin (9/3) telah menembakkan beberapa proyektil yang diduga Jepang sebagai rudal balistik ke laut. Ini terjadi seminggu setelah uji coba senjata serupa oleh Pyongyang.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan Korea Utara telah meluncurkan yang diduga sebagai rudal balistik yang dilarang di bawah resolusi Dewan Keamanan PBB.

“Peluncuran berulang obyek seperti rudal balistik telah menjadi persoalan serius bagi masyarakat internasional, termasuk negara kita,” kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kepada parlemen.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan bahwa Korea Utara tampaknya telah melakukan latihan menembak bersama yang melibatkan berbagai jenis beberapa peluncur roket.JCS pun menyatakan sangat menyesal atas tindakan Pyongyang.

Rudal itu ditembakkan ke arah timur laut dari provinsi Hamgyong Selatan dan terbang 200 kilometer pada ketinggian maksimum 50 kilometer.

Para analis mengatakan Korut terus memperbaiki kemampuan senjatanya selama perundingan nuklirnya dengan AS macet. Perundingan terhenti sejak gagalnya KTT Hanoi antara Kim Jong Un dan Donald Trump lebih dari setahun lalu.

Dalam pertemuan darurat, menteri keamanan Korea Selatan mengatakan,latihan menembak yang terus dilakukan Korut tidak membantu upaya bagi perdamai­an di semenanjung Korea.

“Tiga proyektil yang ditembakkan dari Transporter Erector Launcher (TEL) tunggal itu akan menjadi tonggak baru untuk program rudal balistik jarak pendek Korea Utara,” kata Ankit Panda dari Federasi Ilmuwan Amerika.

Setelah peluncuran pekan lalu, media pemerintah Korea Utara mengatakan Kim mengawasi latihan artileri jarak jauh. Militer Korea Selatan mengatakan peluncuran itu tampaknya merupakan dua rudal balistik jarak pendek.

Korea Utara melakukan serangkaian uji coba senjata akhir tahun lalu yang sering digambarkan sebagai sistem peluncuran roket ganda,  (AFP/Nur/X-11)

Baca Juga

Ilustrasi

Berisik Saat Lockdown, Pria Tembak Mati Lima Orang

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 05 April 2020, 21:19 WIB
Seorang pria di Rusia menembak mati lima orang karena ribut berisik pada malam hari di jalan di bawah huniannya, kata para penyelidik,...
MI/Duta

Bayi Kembar Diberi Nama Corona dan Covid

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 05 April 2020, 17:40 WIB
Orangtua bayi kembar yang lahir di Rumah Sakit Dr Bhimrao Ambedkar Memorial di Raipur, ibu kota Negara Bagian Chhattisgarh, memberi nama...
AFP / Aidan JONES

Dilema Para ‘Phim’ dan Ancaman Terinfeksi Virus Korona di Bangkok

👤Deri Dahuri 🕔Minggu 05 April 2020, 14:33 WIB
Kendati diselimuti kekhawatiran terpapar Covid-19, para 'Phim' nekat mencari pelanggan demi uang buat membayar biaya sewa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya