Senin 09 Maret 2020, 16:41 WIB

Gerindra: Ahok Penuhi Syarat Kepemimpinan Badan Otorita

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Gerindra: Ahok Penuhi Syarat Kepemimpinan Badan Otorita

Metro TV/Aji Jatmiko
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), saat mengunjungi Lapangan Banteng di Jakarta Pusat.

 

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok masuk dalam bursa calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru. Meski banyak yang mengkritik, anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Kamrussamad, menilai Ahok memiliki kriteria yang pas untuk memimpin lembaga khusus tersebut.

"Ahok memenuhi syarat kalau dari segi strong leader, kemampuan mengeksekusi terhadap sebuah program," ujar Kamrussamad di Kompleks Parlemen, Senin (9/3).

Lebih lanjut, dia mengatakan Komisi XI DPR RI telah berdialog dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait pemindahan Ibu Kota Negara. DPR dan pemerintah sepakat bahwa diperlukan sosok dengan jiwa kepemimpinan kuat sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru.

Baca juga: Jokowi Sudah Punya Kandidat Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru

"Strong leader untuk bisa mengeksekusi. Karena waktunya hanya 36 bulan. Anggarannya itu berasal dari tiga skema, yakni APBN, KPBU dan swasta. Itu tidak mudah untuk bisa menjalankan itu semuanya," pungkas Kamrussamad.

Dia menekankan Gerindra tidak akan membawa masalah politik dalam penilaian terhadap calon pemimpin Badan Otorita. Proses pemilihan harus dilakukan secara obyektif dan profesional.

"Kita harus rasional dan obyektif melihatnya. Saya akan mengundang Ahok pada acara dialog warga Jakarta tentang pemindahan Ibu Kota di Kalijodo bersama Kepala Bappenas pada Maret mendatang," katanya. Menurut dia, pemerintah pusat harus mendengarkan aspirasi rakyat, termasuk warga Jakarta terkait pemindahan Ibu Kota Negara.(OL-11)

 

 

Baca Juga

dok. Polri

Tokoh KAMI Ahmad Yani Belum Dipanggil, Tergantung Penyidik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 26 Oktober 2020, 16:42 WIB
Sebelumnya, Ahmad Yani mengatakan bahwa ada upaya dari penyidik Bareskrim Polri untuk melakukan penangkapan terhadap dirinya pada Senin...
Ilustrasi

KPK Eksekusi Penyuap Kepala LP Sukamiskin

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 26 Oktober 2020, 16:34 WIB
Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi Direktur Utama PT Gloria Karsa Abadi, Radian Azhar, yang sudah divonis bersalah...
Antara

Penanganan Covid-19 di Indonesia Semakin Baik

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 26 Oktober 2020, 16:17 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan data terakhir terkait penanganan pandemi covid-19 dalam rapat terbatas yang digelar di Istana Merdeka,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya