Senin 09 Maret 2020, 15:32 WIB

Lihat, Hari Libur Nasional Tahun ini Bertambah 4 Hari

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Lihat, Hari Libur Nasional Tahun ini Bertambah 4 Hari

Ilustrasi
Hari libur nasional bertambah 4 hari

 

PEMERINTAH atur ulang hari libur nasional dan cuti bersama tahun ini, lewat Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri No 174 tahun 2020 Tentang Perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2020

Dalam SKB tersebut telah merumuskan untuk menambah empat hari libur tahun 2020 yang semula telah ditetapkan 20 hari menjadi 24 hari yang akan segera ditetapkan dengan surat keputusan bersama.

"Ditetapkan dengan sudah ditandatangani bersama oleh Bapak Menteri Agama, Ibu Menteri Tenaga Kerja dan Bapak Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, Senin (9/3).

Adapun tambahan pada hari libur yang disepakati adalah tanggal 28 dan 29 Mei sebagai cuti bersama hari raya Idul Fitri 2020, tanggal 21 Agustus sebagai cuti bersama tahun baru Hijriyah, tanggal 30 Agustus Oktober sebagai cuti bersama Maulid Nabi Muhammad.

Menurut Menko PMK, Muhadjir Effendy, perubahan hari libur nasional tersebut sesuai arahan Presiden yang menghendaki adanya evaluasi. Pemerintah segera mengatur pengkatagorian hari libur lewat peraturan presiden.

Pertimbangannya, papar Muhadjir, penetapan hari libur atau cuti yang tepat akan memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan perekonomian nasional juga dapat digunakan untuk lebih saling mengenal negara oleh masyarakat.

''Kita saling kenal saling tahu dalam rangka untuk membangun Indonesia sentris, kesatuan Indonesia NKRI maka hari libur ini bisa dimanfaatkan oleh semua pihak," ujarnya, Senin (9/3).

Dijelaskannya, hari libur nasional yang selama ini dikenal sebagai hari libur yang ditetapkan berdasar Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2051 Tahun 1967 sebagaimana telah diubah dengan Keppres Nomor 3 Tahun 1983

Kemudian, hari libur bersama yaitu hari yang diliburkan sesuai dengan keputusan pemerintah dengan pertimbangan khusus dan alasan tertentu.

Demikian pula dengan cuti bersama, yaitu libur yang menggunakan hak cuti yang dimiliki oleh pegawai atau karyawan.

"Yang hari libur bersama yaitu hari libur hari yang diliburkan sesuai dengan keputusan pemerintah dengan pertimbangan khusus dan alasan tertentu dan yang cuti bersama yaitu hari libur yang menggunakan hak cuti yang dimiliki oleh pegawai atau karyawan," sebutnya, se,bari menyebutkan, adapun ASN hal tersebut disesuaikan dengan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017. (OL-2)

 

 

 

Baca Juga

ANTARA/Jojon

Atasi Dampak Covid-19, Kemensos Salurkan 6.700 Paket Bantuan

👤Ihfa Firdausya 🕔Minggu 05 April 2020, 12:49 WIB
Sebanyak 6.700 paket bantuan sembako silaurkan kepada 2 klaster dari 5 klaster rehabilitasi sosial, yaitu klaster anak dan penyandang...
ANTARA/Oky Lukmansyah

Kemendes Bentuk Relawan Covid-19 untuk Lindungi Masyarakat Desa

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Minggu 05 April 2020, 12:43 WIB
Kemendes PDTT telah membentuk relawan Covid-19 di 4.556 desa yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air yang bertugas melindungi...
dok pemprov jatim

Rumah Dinas Gubernur Jatim Jadi Posko Command Center Covid-19

👤Aries Wijaksena 🕔Minggu 05 April 2020, 09:56 WIB
Rumah dinas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berlokasi di sisi timur Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya