Senin 09 Maret 2020, 13:57 WIB

Alat Pelindung Diri Habis, Tenaga Medis Gunakan Jas Hujan

Kristiadi | Nusantara
Alat Pelindung Diri Habis, Tenaga Medis Gunakan Jas Hujan

MI/M Taufan SP Bustan
Ilustrasi

 

ALAT pelindung diri (APD) yang digunakan di ruang isolasi khusus RSU dr Slamet, Garut, Jawa Barat habis. Petugas pun terpaksa memakai jas hujan plastik saat mengantar seorang pasien yang dirujuk ke RSHS Bandung.

Direktur RSUD dr Slamet Garut sebagai tim dan penanggung jawab penanganan Inveksi Emerging Covid-19 Kabupaten Garut, Husodo Dewo Adi membenarkan, alat pelindung diri bagi tim medis berada di ruang isolasi khusus saat ini sudah habis dan petugas terpaksa menggunakan jas hujan terbuat darii plastik.
 
"Minimnya alat pelindung diri bagi petugas medis berada di RSU dr Slamet Garut, mereka terpaksa harus menggunakan jas hujan plastik. Sebelumnya tersedia 20 APD tapi telah dipakai semua. Penggunaannya sekali pakai. Pemakaian jas hujan plastik sendiri digunakan saat mengantar salah seorang pasien dalam pengawasan yang dirujuk ke RSHS Bandung," kata Husodo Dewo Adi, Senin (9/3).

Pihaknya sudah meminta penambahan APD ke Pemprov Jawa Barat, namun sampai sekarang belum juga dikirim.

Lebih lanjut Husodo mengatakan pasien yang dirujuk ke RHS Bandung ini merupakan warga Garut yang menetap di Macau, menuju ke Bali, dan melanjutkan perjalanan ke Bali, Surabaya, Yogyakarta dan berakhir di Garut. Saat tiba di Harut, ia mengalami demam, sesak nafas dan batuk.  Pasien berusia 42 tahun itu harus menggunakan bantuan oksigen.

baca juga: Empat Pasien Diisolasi di RS Banyumas Negatif Korona

Menurut Husodo, pasien tersebut mengaku telah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19. Namun ia kemudian berobat di klinik, kemudian dirujuk ke RSU dr Slamet. Akhirnya ia dirujuk ke RSHS Bandung setelah masuk ke ruang isolasi.

"Kami akan tetap melakukan pemantauan bagi keluarga dan rekan pasien. Hingga kini kami belum tahu pasien tersebut telah melakukan kontak dengan siapa saja," pungkasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

ANTARA/Novrian Arbi

Polda Sulteng Buru Penembak Polisi

👤M Taufan SP Bustan 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 15:58 WIB
Saat itu Wayan tengah melaksanakan tugas berjaga di Pos PJR Kotaraya bersama seorang rekannya. Tiba-tiba ia didatangi seorang pelaku yang...
MI/Cikwan Suwandi

Omset Usaha Olahan Ikan di Karawang Menurun hingga 30 Persen

👤Cikwan Suwandi 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 15:55 WIB
DINAS Perikanan Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengungkapkan usaha olahan ikan mengalami penurunan penghasilan hingga 30 persen karena...
MI/Surya Sriyanti

Mau Liburan saat Pandemi, Ini Tipsnya

👤Surya Sriyanti 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 15:35 WIB
LIBUR panjang sudah menanti dan sudah ada yang menjadwalkan berlibur bersama keluarga maupun handai taulan, namun kondisi pandemi membuat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya