Senin 09 Maret 2020, 12:40 WIB

Sikapi Perbedaan, Wapres Minta Masyarakat Lebih Toleran

Emir Chairullah | Humaniora
Sikapi Perbedaan, Wapres Minta Masyarakat Lebih Toleran

MI/Emir Chairullah
Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan sambutan dalam pembukaan Rakornas Ikatan Dai Indonesia di Istana Wapres, Senin (9/3).

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin meminta masyarakat Indonesia lebih toleran terhadap perbedaan pandangan. Ma'ruf tidak mempersoalkan adanya perbedaan pendapat terhadap suatu hal yang masih diperdebatkan.

“Kita boleh tidak sependapat, tapi tidak boleh kita menghakimi,” ujar Wapres saat memberikan sambutan dalam Rakornas Ikatan Dai Indonesia di Istana Wapres, Senin (9/3).

Ma'ruf menilai maraknya aksi radikalisme yang bersifat negatif, disebabkan sikap intoleran dari kelompok maupun individu. Kelompok atau individu yang intoleran biasanya sangat fanatik, serta menganggap pandangan kelompok lain salah.

Baca juga: Menag Tekankan Toleransi Beragama

“Mereka ini biasanya menganggap orang lain salah, sesat, bahkan kafir. Akibatnya, sikap intoleran ini mengarah sikap yang radikal,” papar Ma'ruf.

Oleh karena itu, dia berharap para dai di Tanah Air membawa suasana damai dan kondusif melalui ceramah. Wapres juga meminta dakwah yang dibawakan para dai, tidak menggunakan ayat yang berkaitan perang.

“Karena kita kan tidak dalam susanan perang. Memang ada ayat perang, tapi dipakai dalam suasana perang,” pungkasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan para dai seharusnya membawa pesan dakwah kepada masyarakat, ketimbang menghakimi pihak lain. “Pendakwah bukan hakim yang menghakimi dan memberi vonis,” tutup Ma'ruf.(OL-11)

Baca Juga

Ilustrasi

Pemerintah Geser Cuti Bersama Untuk Tangkal Penyebaran Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 09 April 2020, 20:45 WIB
"Kebijakan ini menindaklanjuti arahan Presiden dalam Ratas Antisipasi Mudik Lebaran pada tanggal 2 April 2020 terkait Himbauan Tidak...
Antara

Mendikbud Luncurkan Program Belajar dari Rumah di TVRI

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 09 April 2020, 20:38 WIB
Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa...
Antaranews.com

IDEAS Prediksi Ledakan Covid-19 Jelang Ramadan dan Idul Fitri

👤Antara 🕔Kamis 09 April 2020, 20:12 WIB
Ziarah kubur menjelang ramadan, buka puasa bersama dan shalat tarawih berjamaah selama bulan puasa serta tradisi mudik tahunan adalah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya