Senin 09 Maret 2020, 10:15 WIB

Pemkab Klaten Gelar Festival Desa Wisata dan Lomba Pokdarwis

Djoko Sardjono | Nusantara
Pemkab Klaten Gelar Festival Desa Wisata dan Lomba Pokdarwis

MI/Djoko
Peserta festival pokdarwis memamerkan produk-produk unggulan dan karya inovasi desa wisata

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah menggelar festival desa wisata dan lomba kelompok sadar wisata (pokdarwis) di objek wisata Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, 7-8 Maret 2020.

Kegiatan festival desa wisata tahun ini diikuti oleh 17 desa dan lomba pokdarwis diikuti oleh 13 desa. Dalam kegiatan ini peserta menampilkan berbagai produk dan karya inovasi unggulan yang dikembangkan termasuk potensi seni budayanya.

"Festival desa wisata dan lomba pokdarwis ini sebagai ajang pamer dan promosi produk-produk unggulan dan inovasi desa wisata. Jadi, melalui kegiatan festival dan lomba tersebut diharapkan produk-produk dan inovasi karya desa wisata dan pokdarwis dikenal masyarakat," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahrga Klaten, Sri Nugroho.

Acara yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga adalah program kegiatan Pemkab Klaten guna mendorong dan mengembangkan sektor pariwisata di Klaten.

"Selain itu, tujuannya untuk membuka ruang desa wisata dan pokdarwis guna membangkitkan kreasi, inovasi, dan peran masyarakat dalam mengembangkan bidang pariwisata berbasis desa, serta untuk menjalin sinergitas antardesa wisata.

Baca juga: Wartawan Klaten Hijaukan Objek Wisata Bukit Sidoguro

Festival desa wisata dan lomba pokdarwis dinilai dewan juri yang terdiri dari Dinas Pariwisata Provinsi Jateng, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Klaten, Bappeda, Dewan Kesenian, dan pegiat desa wisata.

Adapun juara I festival desa wisata, yaitu Desa Bugisan, juara II Desa Jarum, juara III Desa Kebondalem Kidul, juara harapan I Desa Ngerangan, juara harapan II Desa Panggang, dan juara harapan III Desa Sidowayah.

Sedangkan lomba pokdarwis, juara I Dewi Pajang, Desa Melikan; juara II Candi Kembar, Desa Bugisan; juara III Hidrofarm, Desa Panggang; juara harapan I Pendopo, Desa Jarum; juara harapan II Gendewa, Desa Kebondalem Kidul; dan juara harapan III Sumunar, Desa Ngerangan.

Para juara festival desa wisata dan lomba pokdarwis mendapat penghargaan berupa piala dan uang pembinaan. Hadiah diserahkan oleh Bupati Sri Mulyani, Minggu (8/3), di panggung terbuka objek wisata Bukit Sidoguro. (OL-14)

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Awasi ODP, Gubernur Babel akan Gunakan Aplikasi Android

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Sabtu 04 April 2020, 17:48 WIB
Aplikasi ini mampu melakukan tracing, tracking, dan fencing ODP di Babel secara real time selama 14...
Antara

Warga Padangsidempuan Wafat saat Menuju RSUP Adam Malik

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 04 April 2020, 16:39 WIB
"Pasien ini Death on Arrival, begitu sampai sudah meninggal,"...
MI/Yoseph Pencawan

Tenaga Medis di Medan Dapat Makan dan Kopi Gratis

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 04 April 2020, 16:26 WIB
Ghiffari menuturkan, selain bentuk apresiasi terhadap dedikasi para tenaga medis, bantuan ini juga untuk menyemangati dan menghibur...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya