Minggu 08 Maret 2020, 22:14 WIB

Masyarakat Diminta Bijak Cerna Informasi soal Korona

Rifaldi Putra Irianto | Humaniora
Masyarakat Diminta Bijak Cerna Informasi soal Korona

Antara
Pengunjung memakai masker saat mengamati karya lukis dan karikatur pada pameran bertajuk Masker di Solo, Jawa Tengah, Minggu (8/3/2020).

 

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin meminta masyarakat berhati-hati dalam menerima informasi mengenai virus Korona. Pasalnya, banyak informasi hoaks yang bersumber dari media sosial.

"Seperti kita tahu bahwa ketika semua informasi kita dapat di media sosial, yang tidak bersumber dari media mainstream, maka itu akan mendatangkan malapetaka yang luar biasa bagi kita,” ujar Ngabalin dalam diskusi bertajuk Korona: Ga Perlu Panik, Ga Usah Gimik, Jakarta, Minggu (8/3).

 

Baca juga: Wapres Didorong Pimpin Penanganan Wabah Korona

 

Ia pun meminta masyarakat untuk memantau informasi resmi dari pemerintah melalui media televisi, radio, cetak, maupun media daring.

"Kita sedang amat serius menghadapi virus Covid-19, sehingga jangan ada orang menggunakan kepentingan ini untuk menaikkan citra mereka dan lain-lain dan menuduh pemerintah dengan permainan kata yang sangat menjijikan. Tidak boleh," ucapnya.

"Kemarin beliau (Jokowi) mengundang kami tanggal 4 hari Rabu dari protokol istana, yang mau saya sampaikan adalah bahwa pemerintah tidak menutup-nutupi informasi mengenai Covid-19," imbuhnya.

Dia menyatakan, pemerintah terus menjalin kerja sama dengan media mainstream untuk menyebarkan informasi yang akurat.

"Harus disampaikan ke khalayak ramai bahwa corona ini, pertama kali di Indonesia. Kemudian kita menghadapi informasi ini banyak sekali datang dari media sosial. Pemerintah sudah membentuk protokol informasi, protokol kesehatan supaya informasi keluar dari satu sumber," ungkapnya. (OL-8)

Baca Juga

DOK PARTAI GOLKAR

Golkar Kembali Sumbang Alat Pencegahan Covid-19 Untuk Tangsel

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 April 2020, 17:13 WIB
Selain disinfektan, Golkar juga menyumbang 15 galon hand sanitizer untuk...
ANTARA FOTO/Moch Asim

Kebutuhan Ventilator di Indonesia Baru Terpenuhi Separuh

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 07 April 2020, 16:57 WIB
Saat ini jumlah ventilator di ruang ICU rumah sakit pemerintah (BUMN) baru mencapai 50%. Padahal kebutuhan ventilator untuk penanganan...
Antara

Pegadaian Donasi Ambulans dan Peralatan Medis

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 07 April 2020, 15:40 WIB
PT Pegadaian (Persero) menyerahkan satu unit ambulans yang telah dimodifikasi dan peralatan medis ke PMI DKI Jakarta untuk membantu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya