Minggu 08 Maret 2020, 07:10 WIB

Kondisi Empat Pasien makin Membaik

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Kondisi Empat Pasien makin Membaik

MI/Atalya Puspa
Sekretaris Dirjen P2P Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto.

 

EMPAT pasien positif terpapar virus korona baru (covid-19) yang saat ini dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, kondisi­nya berangsur-angsur membaik.

“Kasus 1 dan 2 sebenarnya tinggal menunggu pemeriksaan laboratorium. Kalau hasilnya negatif, pasti akan dipulangkan. Saat ini mereka tidak ada keluhan apa pun, tapi hasil laboratorium terakhir masih positif,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19, Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin.

Dua pasien lainnya, kasus 3 dan 4, menurut Yurianto, kondisi mereka sudah tidak lagi mengalami demam. Flu dan batuk yang dialami kedua pasien itu juga mulai berkurang. “Kasus 3 dan 4 sekarang sudah enggak panas (demam) lagi. Mudah-mudahan dalam perawatan lebih lanjut, dua orang terakhir ini segera membaik kondisinya.”

Pada kesempatan itu, Yurianto juga menyampaikan bahwa pemerintah terus menelusuri orang-orang yang pernah melakukan kontak dekat dengan empat pasien positif korona itu.

“Orang yang pernah kontak dengan dia (pasien) inilah yang harus kita cari karena akan menjadi potensi untuk terjadinya penularan manakala tidak segera kita lakukan isolasi dan tes,” katanya.

Yurianto menegaskan penularan paling cepat terjadi lewat partikel cairan droplet (air liur dan dahak) yang terpercik dari orang yang terinfeksi.

“Kontak dekat bukan saudara dekat, bisa siapa saja, karena penularan terjadi jarak dekat pada saat ada droplet dari batuk, bersin, bicara, yang diterima orang lain,” imbuhnya.

Sejauh ini, ujar Yurianto, pihaknya mencatat masih ada 11 terduga positif korona yang seluruhnya telah dirawat di rumah sakit berbagai daerah, termasuk 1 ABK Diamond Princess di RSUP Persahabatan. Namun, RSUP Persahabatan mengungkapkan mereka juga merawat 16 pasien suspect korona lainnya. (Dhk/X-10)

Baca Juga

Dok.SOHO

BNPB Apresiasi para Pendonor untuk Tim Medis Covid-19

👤Achmad Maulana 🕔Rabu 01 April 2020, 21:41 WIB
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Doni Monardo meminta seluruh lapisan masyarakat bersatu padu mendukung seluruh kebijakan...
Antara/Sigid Kurniawan

Kemenkes Masih Susun Permenkes untuk Aturan PSBB

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 01 April 2020, 21:32 WIB
"Permenkes sedang kita buat dari tadi siang," kata Achmad...
Istimewa/BPJS Kesehatan

CHIKA dan VIKA Beri Warna Baru Dalam Pelayanan BPJS KesehatanĀ 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 April 2020, 21:04 WIB
Hadirnya layanan dalam fitur CHIKA dan VIKA diharapkan mampu membantu peserta JKN-KIS memenuhi kebutuhannya dalam kepesertaan Program...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya