Minggu 08 Maret 2020, 06:15 WIB

Ungguli Kenya, Indonesia Bertahan di Grup II

Ykb/Ant/R-2 | Olahraga
Ungguli Kenya, Indonesia Bertahan di Grup II

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Petenis ganda putra Indonesia David Agung Susanto (kanan) dan Christopher Rungkat (kiri) melakukan selebrasi.

TIM tenis beregu putra Piala Davis Indonesia mengamankan posisi di Grup II Dunia seusai menundukkan Kenya dengan skor 4-0.

Pada hari kedua laga play-off di Stadion Tenis Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, kemarin, Indonesia mencuri kemenangan melalui pasangan Christopher Rungkat/David Agung Susanto 6-7 (2), 7-6 (6), 7-6 (3) dari Ibrahem Kibet Yego/Ismael CR Mzai.

Kemenangan di sektor ganda itu melengkapi keunggulan Indonesia menjadi 3-0, setelah di hari pertama sudah unggul 2-0. Pemain muda berusia 17 tahun, Gunawan Trismuwantara, melengkapi keunggulan tim Merah Putih dengan unggul atas Kevin Cheruiyot 6-4, 6-2 di partai keempat.

Kapten Febi Widhiyanto meng­ungkapkan, Christopher/David awalnya tidak diproyeksi untuk bermain. Awalnya duet petenis muda Rifki Fitriadi/Gunawan Trismuwantara menjadi pilihan. Akhirnya, lanjut Febi, dua pemain senior yang diturunkan untuk mengamankan poin kemenangan.

Di set pertama, pertarungan langsung tersaji sengit. Pasangan Kenya sanggup melakukan perlawanan sengit sehingga memaksakan laga tie break dan mengalahkan duet Indonesia dengan skor 7-2.

“Saya sama David sudah buat strategi sebelumnya, cuma bagus juga permainan mereka di luar ekspetasi kita. Sebenarnya kita bisa ambil gim awal, tapi kita gagal,” ujar Christo--sapaan Christopher Rungkat.

Beruntung, Christopher mengaku mendapatkan momentum percaya diri di set kedua dan ketiga dengan susah payah. “Kita bisa menang dan puas dengan apa yg kami berikan,” ucapnya.

Di sisi lain, David mengatakan sangat senang bisa kembali berpasangan dengan Christopher. Terakhir, keduanya berpasangan saat bermain melawan pasangan Iran Mohammad Abid Alidi Akbar/Aqeel Khan dan menang 4-6, 7-5, 6-3, 3-6, 6-3 di Piala Davis 2015.

Dengan kemenangan ini, tim Davis Indonesia akan menunggu lawan yang kalah dari Grup I, pada September mendatang.

Di kubu Kenya, kapten tim Rosemary Owino mengakui Indonesia pantas menang dengan jajaran pemain berkualitas. “Indonesia memiliki kualitas, kalian tidak membagi poin dengan mudah pada kami, itu hal yang luar biasa,” ungkapnya.

“Kami bekerja keras mendapatkan setiap poin, tapi kalian terus-menerus meningkat. Kami sudah keluarkan permainan terbaik, ternyata kalian tidak lengah,” jelas Rosemary Owino. (Ykb/Ant/R-2)

Baca Juga

Antara/Imdrianto Eko Suwarso

Imbas Korona, Kemenpora Jadwal Ulang Revisi Program Pelatnas

👤Deden Muhammad Rojami 🕔Jumat 03 April 2020, 23:40 WIB
Batas penyerahan revisi program dari masing-masing cabang olahraga awalnya ditetapkan pada 15 April, tapi kini paling lambat 17 Mei...
AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER

Penundaan Musim MotoGP Prancis Diperpanjang

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Jumat 03 April 2020, 19:11 WIB
GP Prancis, yang awalnya dijadwalkan pada 17 Mei, menjadi seri balapan kelima yang ditunda sejak balapan pembuka musim di Qatar yang...
AFP/Lluis Gene

Perlombaan Ditunda, Pembalap Beraksi di Lintasan Virtual

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 03 April 2020, 15:49 WIB
Balapan virtual jadi ajang melepas rindu dan mengisi kekosongan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya