Sabtu 07 Maret 2020, 14:20 WIB

Peringati Harkonas 2020, Giant Rangkul BPOM Edukasi Konsumen

mediaindonesia.com | Ekonomi
Peringati Harkonas 2020, Giant Rangkul BPOM Edukasi Konsumen

Istimewa
Hero Group menginsiasi rangkaian program untuk memeriahkan perayaan Harkonas 2020.

 

PERINGATAN Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 mengangkat tema ‘Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju’ dengan subtema ‘Kepercayaan Bertransaksi Menuju Konsumen Berdaya’.  Puncak Harkonas 2020 dilaksanakan pada 30 Maret mendatang dan dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan bahwa Harkonas 2020 menjadi momentum pemerintah untuk terus mendorong peningkatan kepercayaan konsumen dalam bertransaksi. Selain itu, Harkonas menjadi pengingat upaya peningkatan perlindungan konsumen di Indonesia.

Terkait Harkonas 2020, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Arprindo) Roy N Mandey juga mengatakan, edukasi konsumen tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi tanggung jawab seluruh stakeholder di antaranya pelaku usaha.

 Aprindo selaku asosiasi pengusah ritel modern mendorong partisipasi aktif anggota untuk mendukung program Harkonas 2020 dengan mengampanyekan melalui media promosi masing-masing peritel serta kegiatan promosi lainnya. 

Sebagai ritel modern yang menempatkan konsumen sebagai prioritas utama, Hero Group menginsiasi rangkaian program untuk memeriahkan perayaan Harkonas 2020.

Bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), kali ini Giant Serang mengadakan Talkshow bertajuk “Belanja Aman, Hati Nyaman” dan lomba menggambar bertema Anak Indonesia Pintar Bertransaksi (Giat Kreasi).

Diky Risbianto, Head of Communications and Government Relations Hero Group mengatakan, “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada konsumen yang setia menemani perjalanan panjang bisnis kami di Indonesia."

"Sesuai nilai Hero Group, konsumen menjadi yang terutama, sehingga penting bagi kami untuk tidak hanya memberikan kepuasan berbelanja, namun juga turut menjadi wadah edukasi konsumen Indonesia,” jelas Diky di Jakarta, Sabtu (7/3).

Pada kegiatan talkshow bertajuk 'Hati Aman, Belanja Nyaman”, konsumen mendapatkan edukasi cerdas bertransaksi, salah satunya melalui program Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin, Kedaluwarsa) yang diperkenalkan BPOM. Program ini mengajak konsumen untuk memilih produk dengan lebih teliti dalam berbelanja.

Dalam berbagai kesempatan, Hero Group turut mengkampanyekan program Cek KLIK ini agar masyarakat sadar dan mampu mengetahui kualitas produk yang dibeli.

Hero Group percaya konsumen sebagai subjek penentu akan mampu meningkatkan daya saing produsen dalam menyediakan produk berkualitas. Dengan begitu, produk yang ditawarkan di pasaran akan mengalami peningkatan nilai.

“Kami tentu bertanggung jawab untuk menyajikan produk-produk berkualitas di tiap rak gerai kami dan dengan teredukasinya konsumen untuk memilih produk yang tepat, kami, retail dan tentu saja produsen sebagai penghasil produk, akan semakin erat bekerja sama memberikan barang-barang berkualitas dan mampu bersaing,” jelas Diky.

Untuk mengedukasi anak-anak, Hero Group bersama Kemendag melakukan pendekatan belajar sambil bermain, yang diwujudkan dengan lomba menggambar bertema Anak Indonesia Pintar Bertransaksi. Ratusan anak sangat antusias memproses imajinasinya di kertas dan beberapa mulai menikmati memilih warna untuk sentuhan akhir.

Sebelum lomba dimulai, anak-anak mendapat pengarahan tentang cerdas bertransaksi. Hal ini sebagai salah satu cara agar anak lebih memahami bagaimana hati aman saat berbelanja nyaman. 

“Kami berharap rangkaian acara untuk mendukung Harkonas 2020 ini mampu menjadi salah satu wadah perubahan dan peningkatan pengetahuan konsumen akan hak dan kewajibannya. Melalui kesempatan ini, kami ingin sampaikan terima kasih kepada konsumen yang telah ikut membangun dan mendukung Hero Group di Indonesia. Terima kasih juga kepada Kemendag dan BPOM sehingga kegiatan hari ini berjalan dengan baik,” tutupnya. (OL-09)

Baca Juga

Istimewa/Kementan

Di Tengah Covid-19, Bojonegoro Sumbang Produksi Padi 416.812 Ton

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 17:45 WIB
Panen raya di Kabupaten Bojonegoro, Jatim sudah dimulai sejak bulan Maret dan bulan April ini merupakan puncak musim panen...
Istimewa/Kementan

Senator Puji Kerja Kementan soal Jaminan Pangan dan Distribusnya

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 17:16 WIB
Menurut Christiandy, hal itu amat penting dalam meredam kepanikan sosial soal kebutuhan konsumsi pangan...
Istimewa/Kementan

Saat Ini Petani Dijadikan Andalan untuk Perkuat Ekonomi Desa

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 17:08 WIB
Guru Besar Ilmu Pertanian UGM, Prof Masyhuri, mengatakan, perhatian Kementan terhadap hasil panen raya petani merupakan bagian dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya