Sabtu 07 Maret 2020, 19:40 WIB

LBH Padang Tuntut Dosen Cabul Diberhentikan

Mediaindonesia.com | Nusantara
LBH Padang Tuntut Dosen Cabul Diberhentikan

Dok.MI
Ilsutrasi

 

KETUA Bidang Kampanye Lembaga Bantuan Hukum Padang Diki Rafiqi mendesak Universitas Negeri Padang memberhentikan FY karena telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pelecehan seksual.

FY ditahan sejak Sabtu 29 Februari 2020 setelah pemeriksaan sehari sebelumnya di Ruang Pelayanan Perempuan dan Anak Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumbar. Tersangka dijerat tindak pidana pencabulan pasal 289 KUHP dan pasal 294 KUHP yang ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara.

Menurutnya, tersangka dapat diberhentikan sementara sebagaimana yang diatur dalam UU Aparatur Sipil Negara pasal 88 ayat 1 huruf c yang bunyinya “PNS diberhentikan sementara, apabila ditahan karena menjadi tersangka tindak pidana."

"LBH Padang, WCC Nurani Perempuan dan keluarga korban sempat bertemu dengan Rektor UNP. Rektor UNP bilang dosen FY akan dikeluarkan oleh pihak kampus. Tapi nyatanya sampai sekarang dosen itu dipecat. Pihak kampus hanya membebastugaskan tersangka," ujarnya.

Ia menegaskan, LBH Padang akan terus mengawal kasus ini sampai terduga pelaku dipecat dan dihukum. "Kita tunjukkan rasa solidaritas kepada Bunga dan korban-korban kekerasan seksual, khususnya di kampus," tuturnya.

Seorang mahasiswi berinisial T (20) diduga mendapat perlakuan tak senonoh oleh seorang Dosen berinisial FY (29) yang telah beristri di toilet kampus.

Peristiwa tersebut terjadi pada 10 Desember 2019 lalu. Korban melaporkan kejadian ini ke Polda Sumatera Barat (Sumbar) pada Rabu (15/1) lalu.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Freeport Dukung Mitigasi Covid-19 Dengan Laboratorium Lengkap

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Juni 2020, 13:12 WIB
Melalui dua alat tes PCR dan sekitar 50.000 alat rapid test yang PTFI datangkan baru-baru ini, PTFI dapat cepat mendeteksi dan mengisolasi...
MI/Benny Bastiandy

KPU Cianjur Hitung Ulang Penambahan Anggaran Pilkada 2020

👤Benny Bastiandy 🕔Senin 01 Juni 2020, 12:53 WIB
KPU Kabupaten Cianjur akan mengikuti pelaksanaan tahapan kembali sesuai dengan PKPU tentang tahapan, program, dan jadwal setelah nanti...
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Banjir Rob Kembali Rendam Pantura Jateng

👤Akhmad Safuan 🕔Senin 01 Juni 2020, 12:49 WIB
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak Agus Nugroho mengatakan banjir rob di Demak cukup parah kerena bersamaan dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya