Sabtu 07 Maret 2020, 19:35 WIB

Pariwisata Dijadikan Sektor Unggulan Aceh Besar

Antara | Nusantara
Pariwisata Dijadikan Sektor Unggulan Aceh Besar

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Aktivis lingkungan melepas tukik (anak penyu) lekang (Lepidochelys olivacea) hasil penangkaran di pantai Lhoknga, Aceh Besar.

 

PEMERINTAH Kabupaten Aceh Besar, Aceh, menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan karena memiliki banyak dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali di Aceh Besar, Sabtu (7/3), mengatakan Aceh Besar memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah dari daerah lainnya di Indonesia. Namun, potensi tersebut belum digarap secara maksimal. "Pariwisata memberi dampak banyak bagi sektor ekonomi lainnya, termasuk usaha kecil masyarakat. Karena itu, kami jadikan pariwisata sektor andalan," kata Mawardi Ali menyebutkan.

Pernyataan tersebut disampaikan Mawardi pada musyawarah cabang Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh Besar. Musyawarah diikuti puluhan pelaku usaha pariwisata, seperti perhotelan, restoran, maupun agen perjalanan di Aceh Besar.

Bupati menyebutkan potensi pariwisata Aceh Besar di antaranya wisata pantai yang ada di sepanjang pesisir, keindahan pesona alam gugusan Kepulauan Pulau Aceh.

Kemudian, ada juga wisata selancar di kawasan Pantai Lhoknga. Wisata arung jeram atai rafting di kawasan Jantho, wisata paralayang yang akan menjadi diperlombakan di PON 2024, serta destinasi lainnya, kata Mawardi.

"Hanya saja, potensi pariwisata tersebut belum digarap maksimal serta promosi yang belum begitu gencar. Kami berharap pelaku pariwisata yang tergabung dalam ASPPI turut mempromosikan," kata Mawardi.

Senada juga diungkapkan Ketua ASPPI Aceh Azwani Awi. Ia mengatakan Aceh Besar memiliki potensi pariwisata yang luar biasa dan jika dikembangkan lebih optimal akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Tidak sedikit wisatawan yang saya bawa mengagumi potensi pariwisata Aceh Besar. Mereka menilai pesona alam, terutama kawasan pantai Aceh Besar lebih indah ketimbang Bali," kata Azwani Awi. (OL-12)

Baca Juga

Dok. Pemkab Tegal

Wakil Bupati Tegal Donasikan Gaji Untuk Bantu Penanganan Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 01 April 2020, 22:43 WIB
Ardie mengatakan, hal itu dilakukannya karena dampak covid-19 bukan hanya pada segi kesehatan saja, tapi juga berdampak pada kondisi sosial...
AFP

Pemkab Batanghari Bantu Keuangan Warga Terdampak Covid-19

👤Solmi 🕔Rabu 01 April 2020, 21:45 WIB
Pemkab Batanghari bantu puluhan ribu warga yang mengalami kepayahan hidup akibat terdampak pandemic korona atau...
MI/Djoko Sarjono

Pemkab Klaten Nyatakan KLB Covid-19 Warga Diminta Tenang

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 01 April 2020, 21:35 WIB
KABUPATEN Klaten (Jateng) menetapkan status KLB (kejadian luar biasa) Covid-19, Rabu (1/4), setelah salah satu PDP positif...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya