Sabtu 07 Maret 2020, 19:28 WIB

Way Kanan Kembangkan Pertanian Organik

Antara | Nusantara
Way Kanan Kembangkan Pertanian Organik

FOTO Puspa Perwitasari
Bahan makanan organik.

 

PEMERINTAH Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, mengembangkan kawasan pertanian organik guna mewujudkan pola pertanian berkelanjutan. "Saat ini kami tengah mengembangkan kawasan pertanian organik yang meliputi beberapa komoditas, seperti beras organik dan buah-buahan organik, untuk mewujudkan pola pertanian berkelanjutan," ujar Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony di Bandarlampung, Sabtu (7/3).

Ia mengatakan, pengembangan pertanian organik tengah dilakukan secara berkala dan telah ada satu hasil pertanian yang mendapatkan sertifikasi organik. "Pertanian berkelanjutan penting sebab menghasilkan insentif yang lebih dan untuk tahap awal kami mengembangkan kopi, belimbing, beras, dan saat ini buah naga, bahkan hingga mendapatkan sertifikasi organik," ujarnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Way Kanan Maulana Muhidan. "Buah naga hasil pengembangan pertanian organik Way Kanan telah diakui melalui pemberian sertifikasi organik. Selain itu di sektor pertanian, Way Kanan mulai berkembang baik," ujarnya.

Menurutnya, telah banyak perkebunan sawit serta karet di Kabupaten Way Kanan telah dialihfungsikan menjadi sawah. "Saat ini telah ada penambahan lahan sawah seluas 2.000 hektare dan rata-rata berasal dari alih fungsi perkebunan sawit dan karet. Harapannya dengan bertambahnya luas lahan sawah dapat menunjang produksi padi agar terus meningkat," katanya.

Ia mengatakan, luas sawah di Kabupaten Way Kanan saat ini mencapai 20.000 hektare dari semula 14.000 hektare dan pada akhir bulan Maret akan memasuki panen padi organik seluas 10 hektare. (OL-12)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Kemenhub RI, Perpanjang Bandara Rendani Manokwari

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 14:25 WIB
Kemenhub mulai mengerjakan proyek perpanjangan runway landasan pacu sekaligus box cover bandara Rendani Manokwari, Papua Barat agar...
ANTARA/RAISAN AL FARISI

Perahu Terbalik di Waduk Saguling, Dua Orang Tewas

👤Depi Gunawan 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 13:45 WIB
Kedua korban berupaya menolong penumpang lain yang tercebur waduk. Namun, niat tersebut berujung tragis karena jusutru keduanya...
MI/Heri Susetyo

Pipa Gas MBGI yang Bocor Selesai Diperbaiki

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 12:13 WIB
Pipa gas milik MBGI tersebut bocor di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin pada Jumat (10/7) siang. Namun, kebocoran itu sudah selesai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya