Minggu 08 Maret 2020, 05:20 WIB

Canape Rasa Nusantara di Pasola

Try/M-1 | Weekend
Canape Rasa Nusantara di Pasola

MI/ADAM DWI
varian canape signature Pasola.

CANAPE atau olahan sandwich terbuka ialah sajian yang bisa dikreasikan dengan beragam bahan. Kini, kreasi canape yang sangat unik karena meng­angkat kekayaan makanan Nusantara disajikan Pasola Restaurant The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place.

Tiga varian canape signature Pasola dipamerkan Jumat (6/3), yang diangkat dari kekayaan makanan Nusantara. “Kami ingin mengangkat bahan-bahan lokal. Jadi, kami kombinasikan kentang paru goreng crispy dengan bawang merah, bawang putih, dan bawang daun,” jelas Sous-chef Pasola, Imam, soal varian pertama yang disajikan.

Varian canape perkedel paru ini, menurutnya, diambil dari perkedel yang sering dimasak dan menjadi peneman santapan soto hingga masakan Padang.

Berbeda dari perkedel yang sering dijumpai berisi kentang bersama jagung atau tahu, Pasola meraciknya dengan kombinasi cracker paru atau paru kering, yang biasanya disiram dengan balado. Selain itu, Pasola mengganti adonan campuran telur dan tepung terigu dengan tepung sehat chickpea.

Disajikan dengan cocolan sambal tomat, varian ini tidak terlalu beda pada perkedel umumnya, tapi Anda akan mendapatkan sensasi keripik paru tersembunyi di dalam lembutnya kentang.
Kudapan selanjutnya, yaitu tuna gohu tataki. Mengambil inspirasi dari makanan Maluku, tapi ditambahkan kata ‘tuna’ untuk membedakan dengan gohu yang di Sulawesi Utara yang dikenal sebagai asinan pepaya muda.

“Di Maluku juga Ternate, ikan gohu seperti tartarnya Indonesia. Biasanya bahan ikannya menggunakan tuna atau jenis ikan putih mentah, dibalur minyak kelapa, jeruk nipis dan daun kemangi,” jelas Imam.

Tampilan makanan ini mirip dengan sashimi tuna, hanya dicacah cukup halus. Tidak memakai jeruk nipis, mereka mengaduk tunanya bersama jeruk bali, daun kemangi, belim­bing wuluh, tomat, cacah­­an daging kelapa muda kering, dan sambal balado untuk penambah rasa. Sebagai wadah, mereka memakai black crust cracker, berupa rengginang ketan hitam.

Untuk kudapan manis, pastry chef Syahrul Rozi menghadirkan roasted salak chocolate cake. Canape sehat ini memiliki adonan dari sourdough bebas gluten. Sourdough membuat tekstur kue ini lebih padat. Di dalamnya terasa ada serpihan tipis salak.

Pada atas kue, diberi juga irisan salak. Rasa manis yang muncul juga sedang karena mereka memakai madu untuk karamelisasinya dan tanpa gula. Di antara rasa manis, makanan ini diberi asam segar berupa saus dari buah rasberi.

Paint & Sip

Untuk meningkatkan pengalaman bersantap para tamu, Pasola juga menghadirkan Paint & Sip!. Program ini menawarkan tamu berkesempatan untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui kegiatan melukis sambil menikmati berbagai pilihan hidangan dan minuman beralkohol atau nonalkohol.

Paint & Sip! ditujukan untuk kegiatan pertemuan atau perayaan dengan minimal 20 orang. Paket bervariasi dengan harga mulai Rp378.000 ++. (Try/M-1)

Baca Juga

Instagram @cmbynfilm

Timothee Chalamet Akan Bermain di Sekuel "Call Me by Your Name"

👤Fathurrozak 🕔Senin 06 April 2020, 13:25 WIB
"Call Me by Your Name" masuk nominasi film terbaik Oscar...
 Angela Weiss / AFP

PBB Minta Pemerintah di Seluruh Dunia Lindungi Perempuan

👤Adiyanto 🕔Senin 06 April 2020, 10:25 WIB
Selama beberapa pekan terakhir ketika tekanan ekonomi dan sosial dan ketakutan telah tumbuh,  pihaknya telah menyaksikan lonjakan...
Lionel BONAVENTURE / AFP

YouTube Pantau Video Konspirasi Palsu Teknologi 5G dan Covid-19

👤Adiyanto 🕔Senin 06 April 2020, 10:01 WIB
Setidaknya, tujuh menara seluler telah dibakar di Inggris, setelah teori konspirasi online secara tidak akurat mengklaim hubungan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya