Sabtu 07 Maret 2020, 19:16 WIB

Penduduk Sekitar Borobudur Diimbau tidak Khawatir Wisatawan

Antara | Nusantara
Penduduk Sekitar Borobudur Diimbau tidak Khawatir Wisatawan

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Candi Borobudur

 

PENDUDUK di sekitar Candi Borobudur, Jawa Tengah, supaya tidak khawatir menerima kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara terkait dengan penyebaran Covid-19 atau virus korona, kata Sekretaris Perusahaan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Emilia Eny Utari.

"Kita berusaha bahwa wisatawan yang hadir di Borobudur ini paling tidak sudah terkondisikan dengan baik karena mereka juga sudah dicek di bandara atau di setiap lokasi yang ada pengecekan kesehatan," katanya di Magelang, Sabtu (7/3).

Ia menyampaikan hal tersebut usai sosialisasi gejala dan pencegahaan Novel Coronavirus (Covid-19) di Balai Desa Borobudur yang diikuti puluhan warga sekitar Candi Borobudur.

"Sebagai tindakan preventif untuk bisa menghindarkan wisatawan yang diidentifikasi memiliki arah virus corona, kami sebagai pengelola Taman Wisata Candi Borobudur benar-benar ingin lingkungan yang ada di sekitar kita ini benar-benar aman," katanya.

Ia menuturkan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko berkomitmen wisatawan yang masuk ke lokasi wisata TWC benar-benar dijaga, akan dicek semaksimal mungkin supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jadi kita membawa informasi ke luar bahwa Borobudur tetap aman bisa dikunjungi sehingga masyarakat juga merasa nyaman menerima wisatawan yang datang," katanya.

Emilia menuturkan sosialisasi gejala dan pencegahan virus corona ini diselenggarakan khusus untuk warga di lingkungan kawasan Candi Borobudur, ke depan soasialisasi juga akan dilakukan untuk karyawan dan para pelaku serta penggerak pariwisata, misalnya kusir andong,

"Kita lakukan sosialisasi dengan memberikan informasi sejelas-jelasnya terkait bagaimana kita bisa menghadapi dan juga mencegah virus corona yang sekarang sedang menjadi isu yang menggelisahkan masyarakat. Kita anjurkan kepada masyarakat tidak perlu panik karena ada cara untuk mengantisipasinya," katanya. (OL-12)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Sembako Untuk Warga Miskin Terdampak Covid-19

👤Martinus Solo 🕔Kamis 09 April 2020, 06:50 WIB
Pembagian sembako di Kota Sorong tersebut, diberikan kepada warga yang membutuhkan, untuk meringankan beban warga di dalam upaya mencegah...
ANTARA FOTO/Rony Muharrman

PSBB di Riau Terhambat Arus TKI dari Malaysia

👤RK/DW/AT/LD/PO/SL/WJ/N-1 🕔Kamis 09 April 2020, 06:35 WIB
Kita akan lihat perkembangannya, karena masih ada PR (pekerjaan rumah). Selagi TKI dari Malaysia masuk terus melalui Riau, sulit bagi kita...
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Covid-19 di Klaten, ODP 922 Orang, 54 Orang Dinyatakan Sehat

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 09 April 2020, 06:23 WIB
Kondisi pasien positif Covid-19 berinisial T warga Klaten Tengah yang dirawat di RSU Bagas Waras semakon...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya