Sabtu 07 Maret 2020, 18:20 WIB

PAN Akan Gabung Pemerintah, Drajad: Keputusan di Tangan Ketum

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
PAN Akan Gabung Pemerintah, Drajad: Keputusan di Tangan Ketum

ANTARA/Puspa Perwitasari
Dradjad Wibowo

 

KETUA Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas), diketahui mengunjungi Presiden Jokowi di Istana Negara pada Jumat, (6/3). Kedatangan Zulhas diduga sebagai tanda bahwa PAN akan bergabung pada koalisi pemerintah.

Politisi PAN, Dradjad Wibowo, mengatakan bahwa sejak awal ditetapkan kembali menjadi ketua umum PAN, Zulhas sudah menyatakan akan menentukan arah politik PAN saat ini.

"Kalau soal apakah PAN akan bergabung dengan koalisi Presiden Jokowi atau tidak, setelah kongres kemarin bang Zul mempunyai mandat untuk memutuskannya," ujar Dradjad, ketika dihubungi, Sabtu, (7/3).

Selama ini, sikap Zulhas yang tidak pernah menegaskan sebagai oposisi. Kondisi itu membuat seluruh politisi PAN secara tidak langsung telah bisa menebak arah politik dan keputusan yang akan diambil Zulhas untuk PAN.

"Karena sebelum pemilihan, peserta kongres sudah mengetahui sikap politik Bang Zul terkait koalisi pemerintah," ujar Drajad.

Saat ini, Drajad mengatakan belum diketahui keputusan final Zulhas mengenai posisi PAN. Namun, Zulhas pasti akan melakukan diskusi terlebih dulu sebelum memutuskan. Baik dengan internal PAN atau pihak lain yang terkait.

"Memang ada proses internal untuk memutuskannya secara formal. Namun secara politis, Bang Zul sebagai ketum mempunyai mandat yang kuat. Yang saya tahu, Bang Zul akan berkonsultasi dulu dengan banyak pihak, baik internal maupun eksternal," ujar Drajad.(OL-4)

Baca Juga

istimewa

Sri Sultan Minta Kepastian Soal Kepulangan Pemudik

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 31 Maret 2020, 22:15 WIB
Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta segera ada keputusan pemerintah mengenai para...
MI/Susanto

Polri Harus Tindak Tegas Penyebar Hoaks soal Covid-19

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Selasa 31 Maret 2020, 22:08 WIB
Tidak hanya mengamankan lingkungan dan membubarkan kerumunan. Polri juga diminta tegas menindak penyebar hoaks terkait covid-19 yang...
Dok. Kemendagri

Jadwal Tunda Pilkada Serentak Ditentukan Usai Pandemi Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 31 Maret 2020, 21:44 WIB
Tito menegaskan, pihaknya bersama Komisi Pemilihan Umum dam DPR RI akan menentukam jadwal tunda pelaksanaan Pilkada Serentak di 270 daerah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya