Sabtu 07 Maret 2020, 16:06 WIB

Bakal Ada 387 Objek Wisata Baru di Toraja

Antara | Nusantara
Bakal Ada 387 Objek Wisata Baru di Toraja

AFP/ GOH CHAI HIN
Perkebunan kopi di Toraja

 

PEMERINTAH Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, menyiapkan sebanyak 387 objek wisata baru untuk dieksplorasi para wisatawan baik lokal ataupun mancanegara.

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan mengatakan sebagai kabupaten tujuan wisata utama di Sulsel, pihaknya terus berbenah untuk menghadirkan objek wisata yang semakin berkualitas dan beragam. "Sekarang ini baru ada 17 objek wisata unggulan. Sebentar lagi kami akan melemparkan ke 387 objek wisata baru," katanya di sela-sela mendampingi Gubernur Sulsel meninjau pembangunan infrastruktur jalan di daerah itu, Sabtu (7/3).

Hampir 400 objek wisata tersebut ditemukan melalui kerja sama dengan mahasiswa-mahasiswi yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN).

"Mereka menemukan dan mengusulkan. Begitu memenuhi syarat oke, dari segi budaya, segi nilai dari pariwisatanya langsung kita jadikan sebagai objek," jelasnya.

Objek-objek ini sebagian besr memerlukan dukungan infrastruktur jalan. Baik itu jalan provinsi dan kabupaten.Selain itu juga perlu kebijakan yang berfokus pada pengembangan pariwisata akan menyejahterakan rakyat Toraja Utara.

Dia menambahkan, hadirnya infrastruktur bandara dan jalan juga menjadi kunci suksesnya kepariwisataan suatu daerah. Apalagi saat ini, Di Toraja akan hadir Bandara Buntu Kunik di Tana Toraja dan juga di Luwu. "Itu direct flight from (penerbangan langsung dari) Jakarta ke Denpasar, jadi tidak lewat Makassar lagi nanti, jadi itu akan memudahkan," jelasnya.

Selama ini banyak wisatawan yang ingin ke Toraja, menjadi pilihan setelah Bali. Namun, karena fasilitas yang diharapkan belum tersedia membuat mereka kemudian enggan. "Setelah disampaikan, dibilang 8 sampai 10 jam, mereka kemudian mencari tempat lain, karena orang enggak mau sakit punggung," paparnya.

Sementara itu Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah mengatakan Toraja yang terdiri dari Toraja Utara dan Tana Toraja merupakan aset dunia. Berbagai program strategis akan diselesaikan untuk menarik wisatawan. "Saya menaruh harapan bahwa Toraja ini akan menjadi wisata terbaik. Jadi saya yakin Toraja ini akan berjalan dengan baik setelah pembangunan infrastruktur diselesaikan," jelas Nurdin.    (OL-12)
 

Baca Juga

Antara

Kali Ini, Tradisi Panjang Jimat Digelar Terbatas

👤Nurul Hidayah 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 16:55 WIB
TIDAK seperti tahun sebelumnya, tradisi panjang jimat di Keraton Kasepuhan Cirebon tanpa melibatkan banyak...
Dok.Dinas Pertanian Lembata

Jelang Musim Tanam, Pemda Lembata Siapkan Bibit dan Pupuk

👤Alexander P. Taum 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 16:40 WIB
PEMKAB Lembata, NTT, telah mempersiapkan bibit dan pupuk, guna menghadapi musim tanam tahun 2020 meskipun belum jelas masuk musim...
ANTARA/Novrian Arbi

Polda Sulteng Buru Penembak Polisi

👤M Taufan SP Bustan 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 15:58 WIB
Saat itu Wayan tengah melaksanakan tugas berjaga di Pos PJR Kotaraya bersama seorang rekannya. Tiba-tiba ia didatangi seorang pelaku yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya