Sabtu 07 Maret 2020, 14:38 WIB

Empat Pasien Positif Korona Kondisinya Membaik

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
 Empat Pasien Positif Korona Kondisinya Membaik

ANTARA/SIGID KURNIAWAN
Petugas memarkir mobil ambulans di samping ruang isolasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3).

 

EMPAT orang yang sudah dinyatakan positif terkena virus korona (Covid-19) kondisinya dilaporkan berangsur-angsur membaik. Pemulangan dari rumah sakit dimungkinkan jika kondisinya terus membaik dan statusnya sembuh atau berubah menjadi negatif korona.

"Laporan dari RSPI Sulianto Saroso (empat pasien) kondisinya semakin membaik dari hari ke hari. Kasus 1 dan 2 sebenarnya tinggal menunggu pemeriksaan laboratorium. Kalau hasilnya negatif pasti akan dipulangkan. Saat ini mereka tidak ada keluhan apapun, tapi hasil laboratorium terakhir masih positif," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Sabtu (7/3).

Adapun untuk dua pasien kasus 3 dan 4, Yurianto mengatakan kondisinya sudah tidak lagi mengalami demam. Flu dan batu yang dialami kedua pasien itu juga mulai berkurang. Diharapkan, dalam perawatan lebih lanjut, dua orang tersebut kondisinya semakin membaik.

"Sementara kasus 3 dan 4 sekarang sudah enggak panas (demam) lagi. Mudah-mudahahan dalam perawatan lebih lanjut dua orang terakhir ini segera membaik kondisinya," imbuh Yurianto.

Baca juga: DPRD Nilai Anies Telat Antisipasi Melambungnya Harga Masker

Pemerintah kemarin mengumumkan dua pasien baru positif terkena virus korona. Dua orang tersebut memiliki riwayat kontak dengan pasien kasus 1 dan 2 dalam acara dansa di kafe Amigos di Jakarta, pertengahan Februari lalu. Semua pasien dirawat di RSPI Sulianti Saroso Jakarta.

Yurianto tidak merinci jenis kelamin dan domisili kedua pasien korona baru tersebut. Yang jelas keduanya berstatus WNI, berusia 33 tahun dan 34 tahun. Keduanya dinyatakan tidak tinggal dalam satu rumah.

Ia menyatakan kedua pasien tersebut melakukan kontak dekat dengan pasien Kasus 1 dan Kasus 2 yang merupakan warga Depok, Jawa Barat. Dinas Kesehatan DKI Jakarta bersama dengan Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) mulanya menyisir data tamu dan pegawai klub dansa tersebut.

Dari penelusuran, didapati sekitar 80 orang tamu dan pegawai kafe pada acara dansa tersebut. Penelusuran mengerucut hingga kepada tujuh orang yang diduga melakukan kontak dengan pasien Kasus 1 dan Kasus 2. Uji laboratorium kepada tujuh pasien kemudian mendapati dua di antaranya positif korona dan lima negatif. (A-2)

Baca Juga

ANTARA/M Risyal Hidayat

Pemerintah Terima Bantuan 80 Ton Alat Kesehatan

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 07 April 2020, 05:41 WIB
Bantuan itu terdiri dari 100 unit alat bantu pernapasan (ventilator), 75 ribu alat pelindung diri (APD), 75 ribu kaca mata pelindung, dan...
Dok. Instagram

Bima Arya Lahap Makanan Sehat

👤MI 🕔Selasa 07 April 2020, 05:40 WIB
WALI Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, 47, berbagi kabar soal pengobatan yang dijalaninya lewat akun media...
AFP

Lorde Kembali Bernyanyi

👤MI 🕔Selasa 07 April 2020, 05:05 WIB
PENYANYI asal Selandia Baru Ella Marija Lani Yelich-O’Connor atau biasa dikenal Lorde, 23, bersiap merilis musik baru...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya