Sabtu 07 Maret 2020, 07:15 WIB

Bakamla Minta Diizinkan Gunakan Senjata di Kapal

Cicilia Sinabariba | Politik dan Hukum
Bakamla Minta Diizinkan Gunakan Senjata di Kapal

ANTARA/Asep Fathulrahman
Petugas Bakamla menunjuk kapal khusus pengangkut BBM SPOB yang ditahan di Dermaga Golden Key 6, di Bojonegoro, Serang, Banten.

 

KEPALA Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksdya TNI Aan Kurnia mengusulkan izin penggunaan senjata di atas kapal. Usul itu bertujuan memperkuat ketahanan dan keamanan laut Indonesia.

"Saya baru rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly dalam rangka memperjuangkan izin penggunaan senjata di kapal-kapal saya," jelas Aan saat ditemui dalam tinjauannya di atas Kapal Negara Tanjung Datu, di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (6/30 malam.

Aan juga menambahkan agar usul tersebut dapat diterima Pemerintah sehingga dapat segera diterapkan untuk menjaga keamanan laut Indonesia, mengingat hingga hari ini Bakamla belum mendapat izin penggunaan senjata tersebut.

Baca juga: Keren, KN Tanjung Datu Usir Kapal Tiongkok Tanpa Senjata

"Sampai sejauh ini, Bakamla belum punya izin membeli senjata. Ini yang perlu digarisbawahi dan ini harapan saya dan pemerintah segera mendorong," tambahnya.

Menurut Aan, pentingnya izin penggunaan senjata di atas kapal ini juga berkaca dari pelanggaran atas Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia tepatnya di Perairan Natuna beberapa waktu lalu, saat kapal nelayan Tiongkok masuk ke wilayah Laut Indonesia.

Ia pun mengungkapkan, izin penggunaan senjata ini juga mendapat dukungan dari Komisi I DPR dan Kementerian Pertahanan.

"Dengan kejadian di Natuna, kemarin, Komisi I DPR dan Kementerian Pertahanan memacu Bakamla membeli senjata," pungkas Aan. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Samakan Pemahaman Soal PSBB

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 07 April 2020, 05:25 WIB
Kepala daerah diminta cermat sebelum mengajukan permohonan PSBB, terutama terkait ketersediaan kebutuhan hidup dasar...
MI/M Irfan

Wakil Rakyat Minta TNI Dilibatkan Penuh Tangani Korona

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 April 2020, 21:09 WIB
Permintaan itu berkaitan dengan distribusi alat pelindung diri (APD), arus mudik di berbagai daerah, hingga pelaksanaan pembatasan sosial...
Istimewa

DPD RI Pilih Kawal Kebijakan Daerah, Ketimbang Kritik Pemerintah

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 20:28 WIB
DPD sebagai wakil daerah lebih memilih bekerja di daerah untuk memastikan kebijakan-kebijakan yang sudah diambil pemerintah pusat bisa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya