Sabtu 07 Maret 2020, 00:24 WIB

Uhamka Berencana Buka Prodi Manajemen Masjid

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Uhamka Berencana Buka Prodi Manajemen Masjid

Dok. Uhamka
Kunjungan Walikota Bengkulu di Uhamka

 

MASJID penting untuk terus diberdayakan di tengah masyarakat yang sudah maju. Hal itu ditegaskan Walikota Bengkulu helmi Hasan dalam kunjungannya ke Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka di Jakarta, awal pekan ini.

"Jangan sampai masjid sepi karena padatnya kehidupan yang sudah maju, dan ini harus terus kita berdayakan." ujar Helmi dalam keterangan tertulisnya.

Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro ikut mengamini pernyataan adik kandung Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan itu. Menurutnya, solusi yang tepat untuk mengembangkan masjid ialah, bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, tapi juga menawarkan solusi baru lewat pengelolaan masjid yang profesional.

"Ide inovasi untuk menggerakan Masjid ini merupakan hal yang harus di wujudkan dan sangat selaras dengan rencana Induk Uhamka untuk menjadi Prophetic Entrepreneurial University, nilai-nilai perjuangan Rasulullah dalam membangun peradaban dengan cara Shidiq, tabligh, Amanah dan Fathonah," ujarnya.

karena itu, Gunawan berencana untuk membuka program studi baru yaitu Manajemen Masjid di Uhamka untuk menghasilkan lulusan profesional yang mampu mengelola masjid menjadi tempat yang bukan sekedar rumah ibadah.

"Program Studi Manajemen Masjid ini nanti akan menyiapkan menejer-menejer andal yang mampu mengelola Masjid sesuai dengan apa yang sudah dilakukan Rasulullah seperti tempat berkumpul untuk membahas kepentingan umat, menjauhkan diri dari pikiran yang radikal dimana tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah dan bagaimana masjid menjadi tempat yang nyaman dalam melakukan kegiatan melebihi mal-mal dan tempat istirahat melebih hotel-hotel.” jelas Gunawan.

Gunawan pun menegaskan akan segera membentuk dua tim untuk merealisasikan program studi Manajemen Masjid, tim itu nantinya akan menyiapkan proposal pembentukan program studi baru dan menyiapkan kurikulum pembelajaran. (RO/OL-7)

Baca Juga

Twitter @BNPB_Indonesia

BNPN: Pasien Sembuh Tambah 16 Orang, Meninggal Dunia 10 Orang

👤Henri Siagian 🕔Sabtu 04 April 2020, 18:40 WIB
Di sisi lain, pasien positif korona yang sembuh juga bertambah 16 orang sehingga menjadi 150...
DOK SIDO MUNCUL

Sido Muncul Komitmen Rp15 M Hadapi Wabah Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 April 2020, 18:26 WIB
Sido Muncul juga akan memberi bantuan lain berupa uang, alat pelindung diri (APD) lengkap, hand sanitizier, masker, sarung tangan,...
Antara/Oky Kukmansyah

Ini Tiga Jenis Masker yang Bisa Halau Penularan Covid-19

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 04 April 2020, 18:14 WIB
Tiga golongan masker yang saat ini dipakai oleh masyarakat yakni masker kain, masker bedah, dan masker N95....

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya