Jumat 06 Maret 2020, 21:03 WIB

Dishub Ajak Operator Ojol Terlibat dalam Penataan Stasiun

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dishub Ajak Operator Ojol Terlibat dalam Penataan Stasiun

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Kerumunan Ojek online saat menjemput penumpang di Stasiun Palmerah

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta berencana untuk menata 4 stasiun kereta api di Jakarta. Keempatnya ialah Stasiun Juanda, Tanah Abang, Sudirman, dan Pasar Senen.

Salah satu masalah pelik yang dihadapi dalam penataan itu, kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, ialah menata keberadaan ojek daring (online) agar mengikuti aturan menaik-turunkan penumpang di tempat yang sudah disediakan.

Syafrin menyebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan operator ojen online (ojol) untuk menertibkan ojol di area stasiun.

"Mereka ada teknologi untuk menetapkan bahwa akses aplikasi. Jadi kita tetapkan pembaruan geolokasi di aplikasi. Jadi baik dari sisi pengguna atau pengemudi ada di area pengendapan. Begitu juga dengan pengguna mereka tidak bisa memesan di luar area yang ditetapkan," kata Syafrin dalam konferensi pers di Balai Kota, Jumat (6/3).

Untuk di Stasiun Juanda misalnya, area menurunkan penumpang berada sisi utara stasiun. Sementara area menjemput penumpang akan berada satu area dengan kawasan ojek pangkalan yakni di selatan stasiun.

Baca juga : Warga Apresiasi Situs Khusus Korona yang Diluncurkan Pemprov DKI

Selain menetapkan lewat geolokasi di aplikasi, PT KAI nantinya juga menyiapkan petunjuk arah lokasi untuk memesan angkutan umum online di empat stasiun tersebut.

"Jadi untuk penumpang kita lakukan edukasi, bahkan di empat stasiun ada petunjuk arah," tukasnya.

Syafrin menegaskan upaya penataan ini ditujukan untuk meningkatkan kemudakan mobilitas penumpang maupun calon penumpang KRL serta TransJakarta. Sebab, di kawasan stasiun yang akan ditata juga dilengkapi integrasi dengan armada TransJakarta.

"kita berupaya menyediakan aksesbilitas sebaik mungkin bagi warga sehingga mobilitas mereka tinggi. Kita harapkan kapasitas tersedia di KRL dan bajaj, ojek ini bisa optimal pemanfaatannya," ungkapnya.

Sebelumnya Pemprov DKI melalui PT MRT Jakarta dan PT KAI menandatangani kerja sama pembentukan anak usaha patungan bernama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ).

Melalui kerja sama itu Pemprov DKI bersama PT KAI menata 72 kawasan stasiun di Jakarta dengan empat stasiun menjadi pilot project yakni Juanda, Sudirman, Tanah Abang, dan Pasar Senen.(OL-7)

Baca Juga

MI/ Vicky Gustiawan

Pasien Rawat Inap di Wisma Atlet Berkurang 10 Orang

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 14:12 WIB
Untuk diketahui, pasien yang dirawat di Tower 7 dan 8 adalah untuk pasien Covid-19 yang memiliki gejala...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

PHK Petugas Ambulans Gawat Darurat, DKI: Sudah Melalui Pembinaan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 13:24 WIB
Iwan menjelaskan proses PHK itu sudah melalui upaya pemberian pembinaan selama enam bulan kepada yang...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Antisipasi Libur Panjang, KAI Tambah Perjalanan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 13:08 WIB
Jumlah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh yang melayani pelanggan pada periode 27 Oktober-1 November 2020 sebanyak 505 KA, naik 13%...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya