Jumat 06 Maret 2020, 18:55 WIB

Pelarangan Umrah Pengaruhi 90 Penerbangan

Antara | Humaniora
Pelarangan Umrah Pengaruhi 90 Penerbangan

AFP/ABDEL GHANI BASHIR
Suasana Mekah

 

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menilai kebijakan pelarangan umrah akibat wabah Virus Corona dapat mempengaruhi 90 penerbangan per bulan ke Saudi Arabia. "Kebijakan pelarangan umrah ini cukup berdampak ke Angkasa Pura I, karena kalau kita melihat jemaah umrah yang melalui bandara AP I ini juga cukup banyak sekitar 90 penerbangan per bulan ke Saudi Arabia," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi di Jakarta, Jumat (6/3).

Faik Fahmi sebelumnya menyampaikan bahwa terdapat potensi kerugian sekitar Rp207 miliar selama Januari-Februari akibat dihentikannya penerbangan domestik dan internasional.

Sedangkan Angkasa Pura I sendiri belum menghitung dampak terhadap bisnis non-penerbangannya atau non-aero, di mana BUMN pengelola bandara itu memiliki bisnis komersial seperti restoran, toko ritel dan sebagainya.

Namun secara umum, kalau penerbangannya berkurang, maka penumpang yang datang berkurang dan yang belanja juga akan berkurang. "Kemungkinan nanti dampak di bulan Maret, dan April dengan adanya penghentian umrah tentu saja ini akan lebih besar lagi," kata Faik Fahmi.

Menurut dia, wabah virus korona merupakan suatu hal yang terjadi dan dirasakan oleh seluruh pelaku bisnis, terutama industri aviasi.

Sebelumnya Pemerintah Arab Saudi memberlakukan larangan sementara bagi masyarakat yang ingin melakukan ibadah umrah di Mekkah mulai 26 Februari 2020 hingga 13 Maret 2020. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA

​​​​​​​Seruan Paskah, Kemenag Ajak Gereja Muliakan Kehidupan

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 09 April 2020, 15:17 WIB
Kemenag telah mengeluarkan imbauan agar umat Kristen melaksanakan ibadah di rumah dengan memanfaatkan tekhnologi informasi atau...
MI/Mohamad Irfan

Istana: Revisi Perpres BPJS Kesehatan Masih Dibahas Kementerian

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 09 April 2020, 15:03 WIB
Landasan hukum yang baru dibutuhkan, menyusul keputusan Mahkamah Agung terkait pembatalan kenaikan iuran BPJS...
Ilustrasi

MUI Dukung Gelar Istihotsah dan Zikir Nasional

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 09 April 2020, 14:54 WIB
Majelis Ulama Indonesia ( MUI) mendukung penyelenggaraan kegiatan Istighotsah dan Zikir Nasional untuk memohon doa kepada Allah SWT dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya