Jumat 06 Maret 2020, 17:57 WIB

Tiga Anggota Pembobol BCA Ditangkap

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Tiga Anggota Pembobol BCA Ditangkap

MI
Pembobol bank

 

TIGA anggota pembobol Bank Centrak Asia (BCA) kelompok Tulung Selatan, OKI, Sumatra Selatan (Sumsel) ditangkap Polisi.

Ketiga tersangka yakni Frandika,28, Geri,22 dan Helyem,32, berperan pentransfer dana dan pencucian uang.

Menurut Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sujana, para tersangka melakukan pembobolan BCA dengan memanfaatkan sistem yang sedang dalam perbaikan (maintenance).

"Pelaku memanfaatkan sistem BCA yang sedang maintenance dengan cara melakukan transaksi top up ke virtual account dengan menggunakan m-banking," terang Nana di Mapolda Metro Jaya, Jumat (6/3).

Selama melakukan top up saat sistem sedang diperbaiki, lanjut Nana, saldo milik tersangka tidak berkurang sedikit pun.

"Saldo tersangka tidak berkurang, lalu melakukan top up berkali-kali dengan virtual account yang telah disediakan pelaku," ujar Nana.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, top up yang dilakukan para tersangka misalnya untuk mengisi uang elektronik OVO atau membeli pulsa.

"Misalnya dia isi OVO Rp500 ribu, rekeningnya tidak hilang, yang hilang malah uang dari bank. Dia membeli pulsa, top up terus dia," terang Yusri.

Hasil top up yang dilakukan ketiga tersangka kemudian diuangkan dengan bantuan tersangka lainnya yang saat ini masih dalam pengejaran polisi. Total, ketiga tersangka berhasil membobol BCA dengan total mencapai Rp63 juta.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat sengan Pasal 362 KUHAP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 85 UU No 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan Pasal 3, 4, 5 Uu No 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang dengan ancaman pidana penjara maksimal 20 tahun. (OL-2)

Baca Juga

MI/Susanto

Mendagri: Hadapi Covid-19 Seperti Kondisi Perang

👤Emir Chairullah 🕔Rabu 08 April 2020, 16:32 WIB
Menurut Tito, kini banyak negara sudah menggunakan istilah perang dalam menanggulangi covid-19, India misalnya gunakan war on covid, begitu...
Antara

Sembilan Daerah di Luar Jakarta Usulkan PSBB

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 08 April 2020, 16:15 WIB
Terbagi menjadi dua klaster besar yakni Timika, Sorong, Fakfak di wilayah timur dan Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Depok, Tangerang,...
MI/Adam Dwi

KPK Beri Arahan ke Pemda Cegah Korupsi Dana Covid-19

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 08 April 2020, 15:58 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan agar penggunaan dana penanganan covid-19 dilakukan secara efektif, transparan, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya