Jumat 06 Maret 2020, 15:46 WIB

Kementerian Pertanian Siapkan Bantuan Benih

(UL/LD/AS/TB/AD/YK/BB/JS/RF/N-2) | Nusantara
Kementerian Pertanian Siapkan Bantuan Benih

Istimewa
HASIL pemantauan kondisi di lapangan sawah tergenang banjir

 

KEDATANGAN sejumlah pejabat dari Kementerian Pertanian ke Indramayu, Jawa Barat, akhir pekan lalu, melegakan hati Waryono. Ketua Kontak Tani Andalan Kecamatan Kandanghaur itu mengaku janji para pejabat tersebut untuk memberi bantuan kepada petani yang tanaman padinya puso akibat banjir sangat menghibur.

"Ada bantuan benih 25 kilogram untuk setiap hektare sawah yang puso. Semoga secepatnya bantuan itu bisa datang," ujar Waryono.

Lahan puso di Kandanghaur terus bertambah. Hujan deras membuat luas lahan puso sudah mencapai 2.294 hektare, kemarin. "Total lahan terendam banjir mencapai 3.231 hektare, dari sehari sebelumnya 2.214 hektare. Tanaman yang puso masih berumur muda, paling tua 30 hari," lanjut Waryono.

Hujan ekstrem yang masih terjadi di wilayah Jawa Tengah bagian selatan menyulut kejadian banjir dan tanah longsor. Bencana itu terjadi di Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Kebumen, dan Purbalingga.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, mengungkap-kan bahwa curah hujan dua hari terakhir mencapai lebih dari 100 mm.

"Curah hujan yang lebat hingga sangat lebat perlu diwaspadai karena berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor. Masih ada potensi hujan deras lagi beberapa hari ke depan," jelasnya.

Derita akibat banjir juga belum lepas dari Pekalongan. Ribuan rumah, juga sekolah dan fasilitas umum lain masih terendam. Warga terdampak bencana itu sejak pekan lalu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakui proses pengeringan terkendala intensitas hujan yang masih tinggi. "Banjir ini terjadi akibat buruknya drainase."

Di lokasi itu masih ada 600 warga yang hidup di pengungsian. Banjir juga menyulut datangnya penyakit di antara mereka. Enam pengungsi pun meninggal dunia. (UL/LD/AS/TB/AD/YK/BB/JS/RF/N-2)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

10 Pasien Positif Korona Kembali Sembuh di Kota Semarang

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 09 April 2020, 09:08 WIB
Adanya 10 pasien covid-19 di Kota Semarang, berarti sudah 17 pasien covid-19 yang sembuh dari total 54 orang yang...
ANTARA/Gusti Tanati

Papua Tingkatkan Status Jadi Tanggap Darurat Covid-19

👤Antara 🕔Kamis 09 April 2020, 09:06 WIB
Status tanggap darurat ditetapkan dari 9 April hingga 6 Mei...
MI/Djoko Sardjono

Bantu Stok Darah PMI, Kodim 0723 Klaten Gelar Donor Darah

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 09 April 2020, 08:52 WIB
Komando Daerah Militer (Kodim) 0723 Klaten melaksanakan aksi donor darah untuk membantu stok darah PMI yang kini kekurangan akibat pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya