Jumat 06 Maret 2020, 15:24 WIB

Keris Pangeran Diponegoro Dikembalikan ke Indonesia

Nur Aivanni | Humaniora
Keris Pangeran Diponegoro Dikembalikan ke Indonesia

ANTARA FOTO/Seno
Ilustrasi

 

KERIS Pangeran Diponegoro akhirnya dikembalikan ke Indonesia. Menteri Kebudayaan Belanda Ingrid van Engelshoven menyerahkan keris tersebut kepada Kedutaan Indonesia di Den Haag pekan ini setelah pencarian selama dua tahun oleh Museum Etnologi di Leiden.

"Keris itu sangat penting bagi Indonesia. Diponegoro adalah pahlawan nasional kami. Atribut pangeran ini menyatakan statusnya," kata Fery Iswandy, atase budaya di Kedutaan Indonesia dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (5/3).

Pada tahun 1830, Diponegoro dilaporkan menyerahkan keris tersebut kepada Gubernur Jenderal Hindia Belanda Hendrik Merkus de Kock. Keris itu kemudian diserahkan kepada kabinet kerajaan Raja Willian I pada tahun 1831 sebagai bagian dari koleksi yang kemudian dipindahkan ke tempat yang sekarang menjadi Museum Etnologi.

Ketika Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949, disepakati bahwa barang-barang milik Diponegoro akan dikembalikan.

Baca juga: Memberantas Korupsi Belajar Dari Pangeran Diponegoro

Pada tahun 1968 sebuah perjanjian budaya ditandatangani dan pada tahun 1975 barang-barang yang akan dikembalikan pun terdaftar. Ketika pelana, tombak, dan payung milik Diponegoro dikembalikan, keris itu tidak termasuk yang dikembalikan.

Empat puluh lima tahun setelah Belanda menjanjikan kembalinya keris milik Diponegoro, keris itu akhirnya kembali ke Indonesia dan akan dipamerkan dalam sebuah pameran di Museum Nasional Indonesia di Jakarta.

Museum Bronbeek di Arnhem juga mengatakan bahwa pihaknya kemungkinan juga menyimpan salah satu barang milik Diponegoro. Namun, Direktur museum Pauljac Verhoeven mengatakan itu masih dalam penelitian lebih lanjut.

"Kami belum bisa memastikan barang apa itu," katanya. "Itu hanya sebagian kecil tetapi jika kita mengetahuinya, kita akan mengembalikannya." (The Guardian/OL-4)

Baca Juga

Ilustrasi

Pemerintah Geser Cuti Bersama Untuk Tangkal Penyebaran Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 09 April 2020, 20:45 WIB
"Kebijakan ini menindaklanjuti arahan Presiden dalam Ratas Antisipasi Mudik Lebaran pada tanggal 2 April 2020 terkait Himbauan Tidak...
Antara

Mendikbud Luncurkan Program Belajar dari Rumah di TVRI

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 09 April 2020, 20:38 WIB
Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa...
Antaranews.com

IDEAS Prediksi Ledakan Covid-19 Jelang Ramadan dan Idul Fitri

👤Antara 🕔Kamis 09 April 2020, 20:12 WIB
Ziarah kubur menjelang ramadan, buka puasa bersama dan shalat tarawih berjamaah selama bulan puasa serta tradisi mudik tahunan adalah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya