Jumat 06 Maret 2020, 14:07 WIB

Empat Calon Independen di Jateng Tumbang

AS/LD/RF/BB/CS/DP/MY/N-1 | Politik dan Hukum
Empat Calon Independen di Jateng Tumbang

MEDIA INDONESIA Koresponden/furqon
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Divisi Perencanaan dan Data, Muslim Aisha.

 

EMPAT pasangan calon kepala daerah dari jalur perseorangan atau independen di Jawa tengah (Jateng) tereliminasi di tahap awal. Itu karena jumlah dukungan mereka kurang. Kondisi itu memperbesar peluang calon dari partai politik (parpol).

Keempat calon perseorangan yang tumbang berasal dari empat kabupaten dan kota. Mereka ialah pasangan Suyanto-Erfa Royani (Kabupaten Kendal), Said-Mat Solekan (Kabupaten Demak), Slamet Riyanto-Suyanto (Kabupaten Purworejo), dan Abah Ali-Gus Amak (Kota Surakarta).

"Hanya satu pasangan calon independen yang memenuhi syarat dukungan di Jawa Tengah, yakni pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) untuk Pilkada Solo," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Divisi Perencanaan dan Data, Muslim Aisha.

Menurutnya, pasangan itu selanjutnya akan mengikuti tahap berikutnya, yakni verifikasi administrasi dan faktual untuk dapat bertarung di Pilkada 2020 yang akan digelar September mendatang.

Ia juga mengatakan, potensi calon kepala daerah melawan kotak kosong atau tanpa lawan dalam pilkada di 21 daerah di Jateng makin besar karena minimnya calon yang akan bertarung dan kuatnya parpol koalisi mendukung salah satu pasangan di setiap daerah.

Muslim menyebutkan, potensi calon melawan kotak kosong, antara lain terjadi di Kabupaten Boyolali, Sragen, Wonogiri, Grobogan, Rembang, dan Kota Semarang. Namun, kondisi bisa berubah karena dinamika politik dan penggeseran dukungan parpol terhadap calon tertentu.

Sementara itu, indeks kerawanan pemilu (IKP) di Purbalingga, Jateng, masuk ke kategori sedang. Dari 271 daerah yang menyelenggarakan pilkada, kerawanan pilkada di Purbalingga berada di posisi 146.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antarlembaga, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purbalingga, Misrad, mengatakan atas arahan Bawaslu Jateng, pihaknya bersama seluruh pemangku kepentingan akan terus menguatkan koordinasi.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Provinsi Bangka Belitung, Robert Aritonang, mengatakan dari empat pilkada di provinsi itu, di Kabupaten Belitung Timur nama petahana Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin berdasarkan hasil survei sementara tertinggi dari kandidat lainnya. (AS/LD/RF/BB/CS/DP/MY/N-1)

Baca Juga

Antara

PP Muhammadiyah Temui Presiden Jokowi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 18:46 WIB
PERWAKILAN PP Muhammadiyah bertemu dengan Presiden Joko Widodo sekira pukul 11.00-12.30 WIB di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu...
Biro Setpres

Komnas HAM Beri Rapor Merah ke Pemerintahan Jokowi

👤Putra Ananda 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 18:36 WIB
Masih terdapat kekerasan dari pihak-pihak yang tidak bisa menerima kebebasan orang lain untuk berkekspresi dan menyampaikan...
Antara/Muhammad Iqbal

DPR Optimistis Target Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 Tercapai

👤Putra Ananda 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:33 WIB
Tingginya partisipasi pemilih dapat menjadi salah satu indikator kualitas pelaksanaan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya