Jumat 06 Maret 2020, 09:40 WIB

Blibli Gaungkan Kampanye Kurangi Penggunaan Plastik

Deri Dahuri | Humaniora
Blibli Gaungkan Kampanye Kurangi Penggunaan Plastik

Istimewa
Kampanye #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi.

 

BERDASARKAN data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas) dan Badan Pusat Statistik (BPS) 2019, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun di mana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut.

Hal tersebut membuat Indonesia sebagai negara dengan polusi plastik terbesar di dunia. Saat ini, kesadaran masyarakat Indonesia, termasuk pelaku industri dalam menggurangi dan mengelola sampah plastik, membuang sampah pada tempatnya, serta melakukan daur ulang juga masih rendah dikarenakan minimnya edukasi, fasilitas, dan infrastruktur. Hal ini dapat berdampak berkepanjangan bagi kelestarian lingkungan generasi masa depan.

Online superstore di Indonesia, Blibli merupakan platform e-commerce pertama yang menyelenggarakan inisiatif ramah lingkungan, khususnya untuk pengurangan penggunaan plastik dalam operasional bisnisnya melalui kampanye #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi.

Program ini ditujukan untuk mengedukasi karyawan dan mengajak pelanggan Blibli mulai menjalankan gaya hidup peduli lingkungan untuk kelangsungan hidup alam Indonesia yang sehat dan bersih.

Melalui program kampanye #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi, Blibli mengajak karyawan dan pelanggannya untuk mengelola sampah plastik dan mengembalikan kardus bekas yang mereka miliki, baik dari hasil berbelanja di Blibli ataupun dari tempat lain.

Sampah plastik dan kardus bekas ini dapat diberikan ke Blibli melalui kurir BES (Blibli Express Service) pada saat mereka mengantar barang pesanan kepada pelanggan atau melalui  #BlibliCintaBumi Collection Boxes yang tersebar di berbagai titik lokasi Jabodetabek.

Inisiatif itu menjadi salah satu upaya Blibli dalam mendukung pemerintah Indonesia mewujudkan Indonesia bebas polusi plastik pada tahun 2050.

Lisa Widodo, Executive Vice President (EVP) of Operations Blibli mengungkapkan, “Kami senang dan bangga dapat menjadi e-commerce pertama yang aktif mengambil bagian dalam pelestarian lingkungan hidup khususnya untuk pengurangan plastik di dalam model bisnis kami."

"Komitmen Blibli tidak hanya sebatas dalam mendukung kemajuan industri e-commerce dan pertumbuhan ekonomi digital. Blibli juga ingin menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan mengajak masyarakat dan mendorong ekosistem untuk mengurangi sampah plastik dan mendaur ulang kardus bekas, sehingga tidak langsung menjadi sampah, tetapi diubah fungsi menjadi wrapping paper untuk membungkus barang pesanan yang akan dikirimkan ke pelanggan kami,” paparnya.

Program #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi ini merupakan komitmen jangka panjang Blibli terhadap kepedulian lingkungan berkelanjutan yang terbagi dalam dua pilar utama, termasuk:

Selain itu, untuk semakin meningkatkan antusiasme dan partisipasi masyarakat dalam program #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi, Blibli memberikan tote bag ramah lingkungan bagi 1.000 orang pertama yang berkontribusi dalam pengembalian kardus bekas melalui kurir BES yang datang saat mengantar barang pesanan di wilayah Jabodetabek.

Setiap tote bag dapat digunakan oleh para pelanggan untuk menampung sampah plastik dan kardus bekas belanja yang nantinya dikembalikan ke kurir BES agar dapat didaur ulang.

Inisiatif ini sudah dimulai sejak 21 Februari 2020, bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 dan akan terus berlanjut sepanjang 2020. Hingga saat ini sudah terdapat ratusan pelanggan yang telah mengembalikan kardus bekas ke BES. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Ramdani

Cegah Perokok Pemula, Kemen PPPA Inisiasi Smoke-Free Family

👤Atalya Puspa 🕔Senin 01 Juni 2020, 13:43 WIB
Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar pada 2018, tercatat sebanyak 2,1% anak usia 10-14 tahun sudah merokok dan 2% di antaranya bahkan...
ANTARA/FAKHRI HERMANSYAH

​​​​​​​Warga yang Belum Pernah Menerima Bantuan Jadi Prioritas

👤Gana Buana 🕔Senin 01 Juni 2020, 10:27 WIB
Warga yang belum pernah bantuan dari manapun diprioritaskan. Mekanisme tersebut ditempuh melalui musyawarah...
Medcom.id

Pemerintah Terus Berupaya Capai 10 Ribu Tes Spesimen per Hari

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:19 WIB
Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, pada Minggu (31/5), jumlah spesimen yang diperiksa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya