Jumat 06 Maret 2020, 12:40 WIB

Pentas Ketoprak untuk Perayaan Hari Pers Nasional

Djoko Sardjono | Nusantara
Pentas Ketoprak untuk Perayaan Hari Pers Nasional

MI/Ferdinan
Klaten menggelar ketoprak untuk memperingati Hari Pers Nasional

 

Bupati Klaten Sri Mulyani meminta seni tradisi ketoprak untuk dilestarikan dan dikembangkan guna mewujudkan Klaten Kota Ketoprak. Pelestarian warisan leluhur ini penting untuk menjaga kesenian ketoprak sebagai sarana pendidikan karakter itu tidak terdesak hiburan modern.

Hal itu dikemukakan Bupati Sri Mulyani dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten I Rony Roekmito pada pentas ketoprak rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional dan HUT Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten 2020 di panggung terbuka RSPD, Kamis (5/3) malam.

Pentas ketoprak yang disutradarai Joko Krisnanto dengan cerita 'Dumadine Gumuk Sidoguro' dimainkan para wartawan dan Humas Setda Klaten. Selain itu, pagelaran juga didukung Plt Kepala Disparbudpora Sri Nugroho, Kabag HumasWahyudi Martono, dan Ketua Harian Dewan Kesenian Klaten FX Setyawan.

Baca juga: 62 Sekolah Meriahkan Festival Ketoprak Pelajar di Klaten

Menurut Sri, keterlibatan pers dalam pentas ketoprak ini merupakan bentuk dukungan pers untuk mewujudkan Klaten Kota Ketoprak. "Kami mengapresiasi pentas ketoprak dalam rangka peringatan HPN dan HUT ke-53 RSPD Klaten. Pentas ketoprak yang diprakarsai Bagian Humas perlu didukung. Karena, selain nguri-uri seni budaya warisan leluhur,
pentas ketoprak ini juga untuk hiburan rakyat," kata Sri.

Dia mengharapkan kemitraan yang telah terjalin baik antara pers dan Pemkab Klaten perlu dipertahankan, bahkan ditingkatkan lagi di masa datang. "Karena pers mempunyai peran penting dalam penyebarluasan informasi hasil-hasil pembangunan daerah," lanjutnya.

Selain pentas ketoprak, Humas Setda Klaten juga menyelenggaraan peringatan HPN dan HUT RSPD di Gedung Sunan Pandanaran. (OL-14)

Baca Juga

Ilustrasi

KPK Tahan Suheri Terta Terkait Kasus Suap Alih Fungsi Hutan di Ri

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 05 April 2020, 22:48 WIB
KPK menahan legal manager PT Duta Palma Group tahun 2014 Suheri Terta (STR), dalam dugaan korupsi alih fungsi hutan di Provinsi Riau tahun...
dok pemprov jatim

Persentase Kesembuhan Covid-19 di Jatim Capai 20,3%

👤Aries Wijaksena 🕔Minggu 05 April 2020, 22:00 WIB
 Total pasien positif covid-19 di Jatim yang dinyatakan sembuh sudah mencapai 38...
Antara

Jatim Waspada, Jumlah Positif Covid-19 Melonjak

👤Faishol Taselan 🕔Minggu 05 April 2020, 20:50 WIB
Total positif covid-19 di Jatim mencapai 187 orang. Tambahan 35 orang ini, berasal dari sejumlah daerah di Jawa Timur. ODP berjumlah 1.0636...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya