Jumat 06 Maret 2020, 11:26 WIB

Kapal Pesiar Viking Sun Dilarang Sandar

Haryanto | Nusantara
Kapal Pesiar Viking Sun Dilarang Sandar

ANTARA FOTO/Aji Styawan
Sejumlah penumpang beraktivitas di atas kapal pesiar Viking Sun berbendera Norwegia yang mengangkut sekitar 1.200 penumpang beserta kru

 

WALI Kota Surabaya, Jawa Timur, Tri Rismaharini, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melarang kapal pesiar Viking Sun bersandar di wilayah mereka. Dua dari 1.308 penumpang kapal berbendera Norwegia itu dinyatakan suspect virus korona.

Kedua penumpang terdeteksi sebagai suspect virus korona saat pemeriksaan ketika kapal sandar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). "Aku sudah kirim surat (elektronik) bahwa kapal tidak boleh sandar dan penumpangnya tidak boleh turun di Surabaya. Kami sudah menerima laporan dari Labuan Bajo," kata Risma, kemarin.

Risma bahkan menunjukkan riwayat pemeriksaan para penumpang kapal kepada Rumah Sakit (RS) Universitas Airlangga guna memastikan dugaan dua penumpang kapal Viking Sun terjangkit oleh korona.

"Kami tunjukkan ke RS Unair ada penumpangnya (kapal Viking Sun) yang suspect (virus korona)," tuturnya.

Menurut Wali Kota Surabaya, RS Unair juga memberikan rekomendasi sama, yakni agar kapal berpenumpang mayoritas warga negara Inggris dan Australia itu tidak merapat di Surabaya.

Kapal pesiar Viking Sun berencana bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, hari ini. Sebelumnya kapal sempat bersandar di Labuan Bajo. Hasil pemeriksaan terhadap para penumpang menunjukkan dua di antara mereka suspect virus korona berdasarkan gejala-gejala klinis yang ditunjukkan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga melarang kapal Viking Sun bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, hingga dipastikan tidak ada penumpang yang terinfeksi covid-19 berdasarkan pemeriksaan medis.

"Kalau ada yang suspect korona, jelas kapal tidak boleh merapat. Seluruh penumpang harus dikarantina selama 14 hari sesuai SOP kita. Kalau tidak mau, silakan berlayar pulang ke tempat asal," tegasnya.

Menurutnya, pengecekan terhadap penumpang kapal pesiar Viking Sun ialah protokol keamanan di Jawa Tengah. Pihaknya meminta semua hati-hati, tapi tidak boleh paranoid dan ketakutan.

"Kalau hasil pengecekan menyatakan semua wisatawan di kapal pesiar itu sehat, saya minta agar Pemkot Semarang memandu mereka dengan baik, untuk piknik ke mana pun. Kalau mereka sehat, saya ingin pariwisata bisa tetap dikelola. Ndak usah takut," pungkasnya.

 

Tutup sementara

Terkait dengan upaya pencegahan merebaknya virus korona di Papua, Pemerintah Provinsi Papua, bersama DPRD, Majelis Rakyat Papua (MRP), serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sepakat melarang warga negara asing (WNA) masuk ke wilayah Papua hingga beberapa waktu ke depan.

Kesepakatan dalam rapat kordinasi siaga darurat covid-19 yang berlangsung di Sasana Karya, Kantor Gubernur Papua, dipimpin Wakil Gubernur Klemen Tinal. Kebijakan tersebut selanjutnya akan diterbitkan melalui instruksi gubernur dan menurut rencana mulai diberlakukan pada 9 Maret mendatang.

Dari Padang dilaporkan, Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit membantah adanya pelarangan penerbangan dari Bandara Hang Nadim, Batam, ke Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat. Ia mengatakan itu terkait dengan pemberitaan yang menyebut Pemerintah Provinsi Sumbar berencana menutup penerbangan dari luar negeri dan dari Batam, Provinsi Kepulauan Riau, sebagai upaya untuk meminimalkan kekhawatiran penyebaran virus korona. (YH/RK/LD/LN/AU/PO/SL/AT/DW/JI/MR/TB/AD/JH/JL/HP/MEL/N-1)

Baca Juga

MI/Alexander P. Taum

176 Penumpang KM Lambelu yang Dikarantina Jalani Rapid Test Covid

👤Alexander P. Taum 🕔Kamis 09 April 2020, 15:10 WIB
PEMKAB Sikka mendapat bantuan 1000 alat Rapid Tes dari Gugus Tugas Covid-19 Nasional. Bantuan tersebut berasal dari Yayasan Buddha Tzu Chi...
Istimewa

Perampok Bersenpi Gasak Uang Puluhan Juta di Jambi

👤Solmi 🕔Kamis 09 April 2020, 14:50 WIB
DI tengah suasana galau pandemi virus korona (Covid-19), warga Kota Jambi dihebohkan aksi perampokan bersenjata api (senpi), Rabu sore...
MI/Adi Kristiadi

Warga Terkejut Polres Tasikmalaya Gelar Razia Masker

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 09 April 2020, 14:45 WIB
PENGENDARA terkaget-kaget karena takut ditilang, ternyata malah diberikan masker gratis untuk mencegah sebaran Covid-19. Petugas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya