Jumat 06 Maret 2020, 10:03 WIB

Cegah Korona, Pemkot Surabaya Tolak Kapal MV Viking Sun Singgah

Antara | Nusantara
Cegah Korona, Pemkot Surabaya Tolak Kapal MV Viking Sun Singgah

ANTARA/Aji Styawan
Kapal pesiar MV Viking Sun berlabuh di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (5/3/2020).

 

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) memastikan kapal pesiar MV Viking Sun tidak singgah di Surabaya, Jawa Timur, setelah adanya surat penolakan dari pemerintah kota setempat dengan alasan untuk mencegah penularan virus korona atau Covid-19.
 
Vice President Corporate Communication PT Pelindo III, Wilis Aji Wiranata di Surabaya, Jumat (6/3) mengatakan kapal pesiar berbendera Norwegia dengan jumlah kru sekitar 400 orang serta 800 penumpang itu sebelumnya singgah di berbagai negara. Dan menurut jadwal sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jumat pagi ini.
 
"Kemarin kami menerima surat penolakan kunjungan kapal pesiar MV Viking Sun dari Pemerintah Kota Surabaya," kata Wilis Aji.

Wilis menjelaskan saat tiba di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), diinformasikan terdapat dua penumpang kapal pesiar MV Viking Sun yang dinyatakan suspect atau diduga tertular Covid-19, setelah sebelumnya singgah di Australia.  Dua penumpang MV Viking Sun yang diinformasikan suspect Covid-19 itu terdeteksi oleh petugas dari Dinas Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat yang memeriksa di atas kapal sebelum masuk ke pelabuhan.
 
"Setiap kapal asing sebelum masuk ke pelabuhan wilayah Indonesia pasti seluruh penumpangnya diperiksa oleh petugas dari dinas kesehatan dan kantor kesehatan pelabuhan atau KKP. Jadi di alur, petugas dari KKP naik ke atas kapal untuk mengecek kesehatan satu persatu penumpang. Kalau dinyatakan clear, baru diperbolehkan masuk ke pelabuhan," tambahnya.

Namun, menurut Wilis, di Labuhan Bajo permasalahan penumpang MV Viking Sun yang diinformasikan suspect Covid-19 sudah bersih. Bahkan Pemprov NTT sudah menerima para penumpang. Kapal pesiar MV Viking Sun diketahui sebelumnya berlayar dari Darwin, Australia, menjalani rute tujuan Labuhan Bajo dan Semarang, Jawa Tengah. Setelah mendapat kepastian kunjungannya ditolak di Surabaya, rencananya akan singgah di Bali.

baca juga: Hindari Risiko Virus Korona, UII Pulangkan Dosen Asal Malaysia
 
Sepanjang tahun 2019, terdata sebanyak 124 unit kapal pesiar berkunjung di berbagai pelabuhan wilayah kerja PT Pelindo III. Sementara untuk tahun 2020, PT Pelindo III telah menerima konfirmasi kunjungan sebanyak 79 kapal pesiar. MV Viking Sun tercatat sebagai kapal pesiar kelima yang tahun ini singgah di sejumlah pelabuhan wilayah kerja PT Pelindo III. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/Bagus Suryo

Formasi Malang Belum Rencana PHK Buruh Rokok

👤Bagus Suryo 🕔Minggu 05 April 2020, 11:30 WIB
FORUM Masyarakat Industri Rokok Seluruh Indonesia (Formasi) di Kota Malang, Jawa Timur berusaha tidak ada PHK terkait dampak wabah virus...
MI/Djoko Sarjono

Boleh Gunakan Dana Desa untuk Covid-19 tapi Jangan 100%

👤Tosiani 🕔Minggu 05 April 2020, 10:55 WIB
Dana desa tahun ini boleh digunakan untuk penanganan Covid-19, tetapi desa-desa di wilayah Temanggung, Jawa Tengah tidak dibolehkan...
Istimewa

Warga Surabaya Apresiasi Bantuan Sembako Cak Machfud saat PSBB

👤Faishal Taselan 🕔Minggu 05 April 2020, 10:15 WIB
WARGA Surabaya begitu mengapresiasi kepedulian Tokoh Masyarakat Surabaya Machfud Arifin, di tengah himbauan pembatasan sosial berskala...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya