Jumat 06 Maret 2020, 09:15 WIB

Pemprov DKI akan Sosialisasikan Virus Korona di CFD

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pemprov DKI akan Sosialisasikan Virus Korona di CFD

ANTARA/Rivan Awal Lingga
Warga beraktivitas saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta.

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta masih belum meniadakan agenda Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin meski saat ini sudah muncul akan kekhawatiran penyebaran virus korona.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut acara HBKB bukan acara yang diselenggarakan dengan sengaja untuk mengumpulkan masyarakat sehingga berbeda dengan acara yang memerlukan izin keramaian seperti konser musik, festival, seminar, dan acara keagamaan.

Syafrin menegaskan HBKB diterapkan untuk 'mengistirahatkan' sejenak Jakarta dari asap kendaraan bermotor guna mengurangi polusi.

"Sehingga esensinya berbeda dengan acara yang memerlukan izin keramaian," kata Syafrin saat dihubungi, Kamis (6/3).

Baca juga: CFD tidak Terpengaruh Virus Korona

Namun, dalam HBKB mendatang pihaknya tidak mengizinkan agenda lain diselenggarakan di lokasi HBKB. Sebab, biasanya tetap ada penyelenggaraan acara yang mengundang keramaian di HBKB yang diselenggarakan oleh pihak luar.

"Untuk pendirian panggung atau acara di luar olahraga kami larang sementara. Jadi khusus untuk olahraga saja," tegasnya.

HBKB juga akan dimanfaatkan oleh Pemprov DKI untuk semakin gencar menyosialisasikan terkait pencegahan penyebaran virus korona.

"Ya ada kegiatan itu (pemeriksaan suhu) juga. Ada namanya sosialisasikan apa saja yang harus dilakukan oleh masyarakat dalam mencegah virus korona ini. Jadi biar masyarakat paham bahwa yang paling penting itu menjaga kebersihan diri dahulu. Bagi yang menjaga kebersihan potensi tertular virus ini, akan semakin kecil," tandasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menegaskan akan menangguhkan izin-izin keramaian seperti penyelenggaraan konser musik, festival, dan sejenisnya guna mencegah penyebaran virus korona. Penangguhan ini dilakukan pada acara yang diselenggarakan utamanya dalam waktu dekat yakni bulan ini hingga April. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

Publik Bisa Ikut Saksikan Presentasi Cawagub DKI Lewat Streaming

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 01 April 2020, 00:42 WIB
“Kami sudah lakukan rapat dengan pimpinan dewan, kita putuskan tahapan visi misi akan dilaksanakan pada Jumat (3/4) pukul 14.00...
Istimewa

Hakim PN Tangerang Dilaporkan Salahgunakan Wewenang

👤Aries Wijaksena 🕔Rabu 01 April 2020, 00:36 WIB
Hakim bukan dokter yang tahu soal kesehatan...
Antara

Polri Tegaskan Dukung Pemerintah Tangani Covid-19

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 31 Maret 2020, 21:50 WIB
Polri menyatakan kesiapannya dalam membantu kebijakan pemerintah terkait penanganan virus covid-19. Ini terkait kebijakan pembatasan sosial...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya