Jumat 06 Maret 2020, 08:39 WIB

Dua KA Motor Gratis Siap Layani Lintas Selatan Jawa Saat Lebaran

Antara | Nusantara
Dua KA Motor Gratis Siap Layani Lintas Selatan Jawa Saat Lebaran

ANTARA/Dhemas Reviyanto
PT KAI menyediakan dua kereta api motis yang khusus membawa sepeda motor gratis melintasi jalur selatan Jawa selama Lebaran 2020.

 

DUA kereta api angkutan sepeda motor gratis (KA Motis) bakal melayani pemudik di lintas selatan Jawa pada masa Angkutan Lebaran 2020.

"KA Motis ini merupakan program kerja sama antara Kementerian Perhubungan dengan PT KAI (Persero), dalam rangka mengurangi kepadatan dan kecelakaan di jalan raya pada saat Angkutan Lebaran 2020," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Supriyanto, Jumat (6/3).

Rute yang dilalui dua KA Motis tersebut sama seperti saat Lebaran 2019, yakni KA Motis Lintas Selatan 1 relasi Jakarta Gudang-Cikarang-Cimahi-Kiaracondong-Sidareja-Kroya-Gombong-Kebumen-Kutoarjo. Sedangkan KA Motis Lintas Selatan 2 relasi Jakarta Gudang-Cikarang-Cirebon Prujakan-Purwokerto-Kroya-Kutoarjo-Lempuyangan-Klaten-Purwosari-Madiun-Kertosono-Jombang-Mojokerto-Surabaya Pasarturi.

Selain itu, kata dia, Kemenhub bersama PT KAI (Persero) juga menyelenggarakan KA Motis Lintas Utara dengan relasi Jakarta Gudang-Cikarang-Cirebon Prujakan-Tegal-Pekalongan-Semarang Tawang-Ngrombo-Cepu-Bojonegoro-Babat-Surabaya Pasarturi.

"Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 16-22 Mei 2020 untuk arus mudik dan tanggal 27 Mei hingga 1 Juni 2020 untuk arus balik. Kapasitas sepeda motor yang dapat diangkut setiap harinya adalah 1.472 unit sepeda motor atau total 19.136 unit selama 13 hari pelaksanaan," tambahnya.

Menurut dia, kapasitas tersebut naik 5,7 persen dari kegiatan KA Motis pada Lebaran 2019 yang sebanyak 18.096 unit. Lebih lanjut, Supriyanto mengatakan PT KAI (Persero) menyediakan total 62.540 tempat duduk khusus bagi para pendaftar angkutan sepeda motor gratis yang tersebar pada 24 nama kereta api, 14 nama kereta api di antaranya melayani lintas selatan Jawa.
 
Dalam hal ini, Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar, KA Bengawan relasi Pasar Senen-Purwosari, KA Kutojaya Utara relasi Pasarsenen-Kutoarjo, KA Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong-Kutoarjo, KA Serayu relasi Pasarsenen-Kiaracondong-Kroya-Purwokerto, KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng, KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng.
 
Selain itu, KA Progo relasi Pasarsenen-Lempuyangan, KA Kutojaya Utara Tambahan Lebaran relasi Pasarsenen-Kutoarjo, KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng, KA Gajahwong relasi Pasarsenen-Lempuyangan, KA Singasari relasi Pasarsenen-Blitar, KA Logawa relasi Purwokerto-Jember, dan KA Jaka Tingkir relasi Pasarsenen-Purwosari.
 
"Pendaftaran peserta dapat dilakukan secara online maupun offline. Pendaftaran secara online dilakukan melalui situs http://mudikgratis.dephub.go.id.

baca juga: Bupati Tutup Daerah Labuan Bajo bagi Turis Asal Tiongkok

Pendaftaran telah dibuka sejak 26 Februari dan akan ditutup pada 14 Mei 2020. Adapun pendaftaran secara offline dengan fasilitas pembelian tiket KA selama kuota masih tersedia dapat dilakukan di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Depok Baru, Tangerang, Cimahi, dan Kiaracondong yang telah dibuka sejak 26
Februari dan akan berakhir pada tanggal 28 April 2020. Serta di Stasiun Semarang Tawang, Surabaya Pasarturi, Mojokerto, Madiun, Purwosari, dan Lempuyangan pada 16 Maret-28 April 2020.

Sementara untuk pendaftaran secara offline tanpa fasilitas tiket KA dapat dilakukan di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Tangerang, Cimahi, dan Kiaracondong pada tanggal 29 April-31 Mei 2020, serta di semua stasiun persinggahan KA Motis pada tanggal 16-31 Mei 2020. (OL-3)

 

 

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah.

BMKG : Aceh Harus Waspadai Cuaca Ekstrem Hingga Pekan Depan

👤Mediaindonesia 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 21:30 WIB
Hingga awal pekan depan 'share line' (belokan angin) masih akan terjadi di...
Istimewa

Penyuluh Harus Masif Kawal Petani Food Estate Kalteng

👤Surya Sriyanti 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 20:55 WIB
PENYULUH pusat dan daerah harus lebih masif mendampingi petani ditarget lokasi food estate di Kabupaten Kapuas, Kalteng. Sebab olah...
ANTARA

Ke Yogya Dalam Kondisi Tidak Fit? Bersiap Dihukum Menyapu Jalan

👤Ardi Teristi 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 18:50 WIB
Wisatawan yang ingin datang ke Yogyakarta juga diminta memastikan diri tidak mempunyai kontak erat dengan orang positif Covid-19 atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya