Jumat 06 Maret 2020, 06:48 WIB

Kabareskrim Minta Pembatasan Ekspor Masker

Antara | Megapolitan
Kabareskrim Minta Pembatasan Ekspor Masker

ANTARA/Fakhri Hermansyah
Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit memastikan bahwa stok masker dan hand sanitizer mencukupi, dan tidak perlu diekspor.

 

KEPALA Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Listyo Sigit akan berkoordinasi dengan otoritas Bea Cukai, untuk membatasi ekspor masker dan hand sanitizer (antiseptik).  Hal itu disampaikan Listyo dalam inspeksi mendadak bersama jajaran Polda Metro Jaya untuk memastikan ketersediaan masker dan hand sanitizer, yang banyak dicari masyarakat di Pasar Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (6/3).
 
"Ada upaya kemudian menjual masker dan hand sanitizer ke luar negeri. Saya minta rekan-rekan di Bea Cukai untuk membatasi dan menahan barang-barang yang akan diekspor, prioritas untuk di dalam negeri," kata Listyo di Pasar Glodok.
 
Dalam sidak di Pasar Glodok tersebut, Listyo melakukan inspeksi ke salah satu distributor besar yang melayani distribusi berbagai alat kesehatan tidak hanya di Jakarta, namun juga ke luar Jakarta.  Hasil sidak tersebut mendapati bahwa masih tersedia cukup alat kesehatan, terutama masker dan hand sanitizer untuk memenuhi permintaan masyarakat.

"Kita mendatangi salah satu distributor di Pasar Glodok, jadi dari hasil pengecekan, ketersediaan stok yang ada kita lihat cukup," ujarnya.
 
Listyo juga meminta masyarakat untuk tidak panik dan khawatir kehabisan pasokan dan mengimbau masyarakat untuk menghindari aksi borong dan menimbun.

"Masyarakat tentunya tidak perlu khawatir karena ketersediaan stok untuk masker cukup. Jadi tidak perlu membeli berlebihan sehingga nantinya justru akan menyulitkan diri kita sendiri," ujarnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Iwan Kurniawan juga meminta masyarakat untuk tidak panik dalam membeli masker dalam jumlah banyak, sebab ketersediaan masker masih mencukupi.

baca juga: Cegah Korona, Sejumlah Bus TransJakarta Dilengkapi Hand Sanitizer
 
"Tadi kita melakukan inspeksi di salah satu distributor yang cukup besar dan dia mendistribusikan ke seluruh Jakarta bahkan ke seluruh Indonesia. Itu bisa dipastikan bahwa ketersediaan masker itu tidak perlu dikawatirkan," tukas Iwan. (OL-3)

 

 

Baca Juga

ANTARA/Rivan Awal Lingga

Pemprov DKI Data Pekerja Seni Terdampak Covid-19

👤Antara 🕔Minggu 05 April 2020, 14:00 WIB
Dari segi kebudayaan, banyak tempat-tempat kesenian seperti galeri-galeri seni hingga kawasan bersejarah seperti Monas ataupun Kota Tua...
Dok MI

Hendak Tawuran, Empat Pemuda Ditangkap Polres Jakbar

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 05 April 2020, 11:58 WIB
"Mereka kita amankan karena ada laporan dari pengendara jalan dan warga yang melihat gerombolan remaja yang hendak melakukan...
 ANTARA/M Risyal Hidayat

Miris, Masih Ada RS Rujukan Tolak Warga Suspek Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 05 April 2020, 11:41 WIB
"Penolakan yang dilakukan rumah sakit rujukan disebabkan minimnya jumlah ruang isolasi di rumah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya