Kamis 05 Maret 2020, 23:37 WIB

Studi Kelayakan dan Amdal Perlu Dibuat Sebelum Gelar Formula E

Achmad Maulana | Megapolitan
Studi Kelayakan dan Amdal Perlu Dibuat Sebelum Gelar Formula E

AFP/David Dee Delgado
Ajang Formula E

 

PENYELENGGARAAN Formula E di kawasan Monumen Nasional perlu didahului dengan studi kelayakan dan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal). Hal itu menurut anggota  Tim Asistensi Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka Yayat Supriatna merujuk pada UU Nomor 11/2010 tentang Cagar Budaya.

“Kawasan Monas sudah ditetapkan menjadi cagar budaya. Sehingga, tak boleh dilakukan apa pun, termasuk pembangunan kontruksi dalam persiapan Formula E, sebelum dilakukan studi kelayakan,” ucap Yayat usai pertemuan dengan PT. Jakarta Propertindo di Jakarta, Kamis (5/3) seperti dalam keterangan tertulisnya.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana dan tim pelaksana Formula E itu, Yayat menegaskan telah menyampaikan soal keharusan studi kelayakan tersebut.

Kewajiban tersebut, ujar Yayat,  diamanatkan dalam Pasal 53 dan 86 UU Nomor 11/2010 tentang Cagar Budaya.

Pasal 53 ayat 1 bunyinya adalah Pelestarian Cagar Budaya dilakukan berdasarkan hasil studi kelayakan yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis, teknis, dan administratif.

Baca juga : Marak Virus Korona, Persiapan Formula E Jalan Terus

Adapun Pasal 86 UU tersebut menyatakan, pemanfaatan yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan wajib didahului dengan kajian, penelitian, dan/atau analisis mengenai dampak lingkungan.

Anggota tim asistensi lainnya, Bambang Hero Saharjo, menambahkan, pihak Komisi Pengarah hingga saat ini belum menerima satu pun studi kelayakan berkaitan dengan penyelenggaran Formula E maupun revitalisasi kawasan Monas.

“Tetapi, kegiatan persiapan penyelenggaraan balapan tersebut, seperti kita lihat, sudah dilakukan,” ujarnya.

Karena itu, Tim Asistensi Komisi Pengarah menegaskan bahwa bahwa persiapan penyelenggaraan Formula E seperti pengaspalan, maupun revitalisasi Kawasan Monas, misalnya penebangan pohon, tak boleh dilakukan karena belum ada studi kelayakan dan Amdal yang dilakukan. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Metro TV Desak Polisi Usut Tuntas Kasus Tewasnya Yodi

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 10 Juli 2020, 16:07 WIB
Atas nama Metro TV, Arief meminta pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Hal itu, sambungnya, dilakukan demi keadilan bagi...
Dok.MI

Karyawan Metro TV Ditemukan Meninggal di Pinggir Tol

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 10 Juli 2020, 15:48 WIB
Yodi ditemukan meninggal setelah sempat hilang sejak Selasa lalu. Kabar penemuan mayat tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Pesanggrahan...
Antara/Puspa Perwitasari

Kantong Plastik Dilarang, DKI Belum Terapkan Sanksi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 10 Juli 2020, 14:34 WIB
Setelah larangan penggunaan kantong plastik resmi diberlakukan per 1 Juli, Pemprov DKI fokus melakukan pembinaan. Jika bulan depan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya