Kamis 05 Maret 2020, 22:10 WIB

Pengusaha DKI Apresiasi Upaya Tanggap Anies Tangani Korona

Selamat Saragih | Ekonomi
Pengusaha DKI Apresiasi Upaya Tanggap Anies Tangani Korona

Istimewa
Gubernur DKI Anies Baswedan menandatangani kerjasama penanganan covid-19 dengan Kadin Jakarta.

 

KALANGAN pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta mengapresiasi upaya tanggap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penanganan wabah virus korona (Covid-19).

"Jakarta sebagai ibu kota, gubernurnya dari awal justru menginformasikan, artinya dari awal sudah preventif. Jadi InsyaAllah ke depan karena Pemprov DKI telah banyak membantu pengusaha di lingkungan Kadin, kita akan terus maju, berkembang, bertumbuh dalam kondisi apapun," ungkap Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi dalam sambutanya di Rapimprov Kadin 2020, Hotel Bidakara, Kamis (5/3)

Upaya tanggap tersebut, jelas Dewi, membuat kekhawatiran pelaku usaha di Ibu Kota akibat isu Covid-19 telah berubah menjadi optimisme dan kepercayaan diri.

Kini, pelaku usaha pun akan ikut aktif menekan pengaruh negatif dari wabah Covid-19 lewat kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta. Yakni, dengan mengikuti segala anjuran pemerintah, membuat program kerja yang sejalan dengan semangat pembangunan daerah, dan ikut menjadi pembina program kewirausahaan terpadu atau Jakpreneur usulan Pemprov DKI.

"Pertumbuhan ekonomi Ibu Kota beriringan dengan meningkatnya jumlah wirausaha baru di tengah masyarakat. Kadin DKI Jakarta siap untuk dapat mensupport kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam bidang pengembangan kewirausahaab dan bidang pengembangan perekonomian pada umumnya," ujar Diana.

Dalam kesempatan sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjamin sinergi dengan dunia usaha akan terus berjalan, dan Pemprov DKI memastikan tak akan ada regulasi yang menghambat pertumbuhan iklim usaha di tengah bermunculannya potensi perlambatan ekonomi yang dihadapi Indonesia.

"Tadi disampaikan, potensi gelombang baru akibat dari Corona Virus. Kita tentu harus antisipasi, apalagi Jakarta adalah pintu gerbangnya Indonesia dengan dunia internasional. Itu juga sebabnya mengapa kita sejak bulan Januari sudah menyiapkan langkah-langkah jajaran kita untuk mengantisipasi," jelasnya.

Menurut Anies, perekonomian Jakarta yang masih mengandalkan konsumsi rumah tangga atau pun konsumsi pemerintah, perlu ditopang dengan bertumbuhnya wirausaha baru untuk mengimbangi sektor produksi.

Oleh sebab itu, besar harapan Anies agar kerja sama antara Pemprov DKI dengan Kadin mampu menghasilkan banyak hal, terutama dalam program Jakpreneur demi kemakmuran lebih besar untuk warga Jakarta.

"Alhamdulillah kita tahun 2019 kemarin angka kemiskinan kita ini terendah lima tahun dan terendah di seluruh Indonesia. Kita turun jadi angka 3,42. Kita berharap nanti akan turun lagi dan angka ini sudah sangat rendah. Kita berharap dengan adanya kegiatan perekonomian yang meningkat, maka angka kemiskinan itu turun," ujarnya.

"Pendekatan yang kita ingin dorong di Jakarta di dalam membereskan masalah ketimpangan dan kemiskinan bukan dengan semata-mata subsidi-subsidi, tapi justru dengan membawa mereka ke dalam pasar sebagai penyedia tenaga kerja ataupun sebagai pelaku pasar dengan program-program kewirausahaan," tambah Anies.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Kadin nasional Rosan P Roeslani, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Nasrudin (Bappeda) DKI Jakarta Nasruddin Djoko Surjono, Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda DKI Jakarta Sri Haryati, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik, jajaran kepala dinas, serta para direktur utama Badan Usaha Milik Daerah Pemprov DKI Jakarta. (OL-13)

Baca Juga

MI/ARYA MANGGALA

Tarif Baru Wajib Pajak Badan Bisa Diberlakukan

👤Wan/E-1 🕔Minggu 05 April 2020, 07:50 WIB
Untuk masa pajak April 2020, dihitung berdasarkan laba fiskal yang dilaporkan pada SPT Tahunan 2019, tetapi sudah menggunakan tarif baru,...
Dok Setkab

Pemerintah telah Antisipasi Maraknya PHK

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Minggu 05 April 2020, 07:45 WIB
Pemegang kartu prakerja menerima total bantuan Rp3.550.000. Rinciannya, insentif Rp600 ribu selama empat bulan, biaya survei senilai...
MI/ROMMY PUJIANTO

Hari Ini, Donasi LG untuk Covid-19 Tiba di Indonesia

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Minggu 05 April 2020, 07:30 WIB
Perusahaan elektronik asal Korea Selatan, LG, merealisasikan janji untuk memberikan bantuan bagi penanggulangan wabah  virus korona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya