Kamis 05 Maret 2020, 22:10 WIB

Dua Biro Perjalanan Tunda Keberangkatan Jemaah Dharmasraya

Antara | Humaniora
Dua Biro Perjalanan Tunda Keberangkatan Jemaah Dharmasraya

MI/Siswantini Suryandari

 

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat (Sumbar) menyebutkan dua travel menunda keberangkatan jamaah umrah ke tanah suci menyusul kebijakan Arab Saudi menghentikan sementara penerimaan jamaah asal Indonesia.

"Sampai saat ini dua biro perjalanan yang menginformasikan hal ini, diantaranya Aet Travel dan Al Fathur Travel," kata Kepala Kemenag Dharmasraya, Abdel Haq melalui Kepala Seksi Penyelengara Haji dan Umrah Nelson di Pulau Punjung, Kamis (5/3).

Ia menambahkan Aet Travel berencana memberangkatkan jamaah umrah akhir Maret 2020 dan Al Fathur Travel pada April 2020.

Pihak kemenag tidak merinci jumlah jamaah umrah yang akan berangkat tersebut, hasil koordinasi baru informasi terkait jadwal keberangkatan sejumlah travel di daerah itu.

"Kalau jumlah jemaah belum kami terima, namun sudah kami koordinasikan seluruh travel untuk menginformasikan rencana keberangkatan tahun 2020," katanya.

Ia mengemukakan jumlah travel yang sudah memiliki izin sebanyak 11 biro travel di Dharmasraya. Kesebelas biro perjalanan tersebut sudah dipanggil pihak kemenag setempat.

Ia berharap seluruh biro travel yang ada di daerah itu melaporkan rencana keberangkatan yang sudah disusun sepanjang 2020.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah RI, Nizar mengatakan masih menunggu Arab Saudi mencabut moratorium dalam menerima jamaah umrah dari negara lain, termasuk dari Indonesia.

"Kali jamaah umrah, kita masih dalam moratorium yang dikeluarkan Arab Saudi. Kita belum bisa memastikan kapan itu berakhir. Jadi kita tunggu saja surat resmi moratorium dicabut," jelasnya.

Sementara itu, dia menerangkan bagi jamaah Indonesia gagal berangkat umrah dapat melakukan penjadwalan ulang berumrah dengan waktu pelaksanaan yang ditentukan Saudi. (OL-12)    

Baca Juga

Dok. Pribadi

Deteksi Dini Penting Untuk Selamatkan Penderita Kanker Payudara

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 23:33 WIB
Menurutnya jika kanker payudara ditemukan dalam stadium awal maka kemungkinan untuk bisa mencapai harapan hidup yang lebih lama adalah 98...
MI/Andri Widiyanto

100 Tahun Indonesia Emas Ada di Tangan Pemuda

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 23:18 WIB
Untuk dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik dan menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera, para pemuda harus memiliki karakter...
Biro Pers Istana

Jokowi: Penghormatan Tertinggi untuk Dokter Gugur saat Pandemi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 18:20 WIB
"Keteladanan yang ditunjukkan para dokter di masa pandemi ini telah menginspirasi jutaan anak bangsa untuk saling menolong, saling...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya