Kamis 05 Maret 2020, 20:19 WIB

Konflik Agraria Paling Banyak Diadukan ke Ombudsman

Surya Perkasa | Humaniora
Konflik Agraria Paling Banyak Diadukan ke Ombudsman

Medcom/Surya Perkasa
Kunjungan Ombudsman ke kantor Media Group

 

MASALAH agraria menjadi sektor yang paling banyak dilaporkan ke Ombudsman RI. Tata kelola dan pelayanan publik sektor pertanahan ini dianggap masalah yang sulit diselesaikan.

"Pertanahan masih jadi problem yang sistemik," kata Anggota Ombudsman RI Dadan Suparjo Suharmawijaya di Kompleks Media Group, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (5/3).

Dadan mengatakan penyelesaian konflik agraria menjadi salah satu hal yang umum dilaporkan ke Ombudsman. Putusan peradilan terkait konflik agraria menjadi tonggak dasar pelaporan.

Dia mencontohkan kasus konflik yang terjadi antara dua pihak hingga ke pengadilan tertinggi. Saat eksekusi setelah putusan inkrah, terungkap ada pihak ketiga yang tidak tahu sengketa ini ternyata memiliki hak atas tanah yang diputus pengadilan.

"Pengadilan hanya memutuskan berdasarkan apa yang terungkap di dalam sidang," kata Dadan.

Baca juga : Malaadministrasi Mendominasi Aduan Ombudsman di 2019

Pembentukan pengadilan agraria menjadi salah satu solusi yang bisa diterapkan. Dengan begitu, masalah penyelesaian sengketa tanah bisa lebih fokus dan tertata.

Persoalan malaadministrasi agraria juga banyak ditemukan selama 2019. Mulai dari hilangnya warkat tanah di kantor agraria hingga pelayanan yang tak maksimal dalam pengurusan surat tanah.

Wakil Ketua Ombudsman RI Lely Pelitasari Soebekty menyebut agraria jadi sektor yang paling banyak dilaporkan di 2019. Berdasarkan catatan Ombudsman RI, ada 865 aduan dari total 7.903 laporan yang masuk adalah persoalahan agraria.

"Memang dua tiga tahun ini sektor pertanahan yang paling tinggi dilaporkan ke Ombudsman," kata Lely. (Medcom/OL-7)

Baca Juga

Antara

Ramadan 2020, Masjid Istiqlal Antar Makanan Berbuka

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 09 April 2020, 19:47 WIB
Pengurus Masjid Istiqlal akan menyiapkan titik penyebarannya. Dengan harapan semua bisa merasakan. Tentunya secara bergantian titik...
Ilustrasi

Perempuan dan Anak Kelompok Rentan Covid-19

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 09 April 2020, 19:37 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menyatakan perempuan dan anak termasuk kelompok yang rentan...
Ist

Tugas Mulia Petugas Pemakaman di Tengah Pandemi Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 April 2020, 19:32 WIB
Berdasarkan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jenazah COVID-19 ini kurang lebih dimakamkan empat jam setelah dinyatakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya