Jumat 06 Maret 2020, 00:50 WIB

Jolene Marie Pilih Kosmetik Aman Yuk!

Ihfa Firdausya | Humaniora
Jolene Marie Pilih Kosmetik Aman Yuk!

MI/Sumaryanto Bronto
Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie Cholock-Rotinsulu

 

SEJAK terpilih menjadi Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie Cholock-Rotinsulu, 23, menjadi salah satu figur publik yang dikenal masyarakat luas. Sederet aktivitas dilakoninya sebagai bagian dari rasa tanggung jawab morilnya kepada masyarakat.

Saat bertugas, penampilan dianggap sebagai aspek penunjang penting bagi perempuan kelahiran Santa Ana, California, Amerika Serikat, itu. "Saya sendiri secara pribadi dan sebagai seorang Puteri Indonesia Lingkungan tentunya setiap hari sangat dekat sekali dengan kosmetik, apalagi sebagai seorang wanita," katanya saat ditemui di acara Pembekalan 39 Calon Puteri Indonesia 2020 sebagai duta kosmetik aman di Gedung Badan POM, Jakarta, Rabu (4/2).

Ia menyadari kosmetik yang digunakan haruslah aman sebab sudah banyak bukti yang mengungkap bahwa penggunaan kosmetik ilegal sangat membahayakan kesehatan.

Nah, salah satu acuan Jolene dalam memilih kosmetik aman ialah produk tersebut harus sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) dan mengantongi izin edar resmi. Ini menjadi jaminan bahwa produk tersebut bisa dipercaya keaslian komponen bahan bakunya dan keamanannya dari sisi kesehatan.

"Memilih kosmetik yang memang paling mudah itu kita lihat apakah di situ sudah ada izin dari Badan POM," cetus Jolene yang juga duta kosmetik aman 2019 itu.

Jolene mengakui, perihal pemilihan kosmetik yang aman menjadi salah satu isi pembekalan materi yang didapatnya saat menjalani karantina Puteri Indonesia 2019. Lewat edukasi itu, ia menjadi lebih paham dan sadar untuk mengidentifikasi mana kosmetik aman dan mana yang tidak.


Produk dalam negeri

Selain aman digunakan, Jolene juga lebih memilih menggunakan produk-produk kosmetik buatan dalam negeri daripada produk asing, terlebih yang dibeli dari toko daring, meskipun harganya dijual lebih murah.

"Kita tidak pernah tahu, ketika sesuatu kita taruh di muka atau di badan kita, dalam hal ini kosmetik, efek jangka panjangnya seperti apa. Jadi, kita mendingan menggunakan kosmetik yang bahan-bahannya kita sudah tahu dan sudah kenal," tuturnya.

Jolene mengawali kariernya di ajang kontes kecantikan televisi Miss Celebrity Indonesia 2010 mewakili Kota Manado, Sulawesi Utara.

Saat itu, putri dari pasangan Roy Gustaf Rotinsulu dan Allery Lee Cholock itu meraih posisi runner-up 1 dan penghargaan khusus, miss photogenic. Tiga tahun kemudian, Jolene mewakili Sulawesi Utara di Miss Diagold 2013 dan berhasil meraih juara runner-up 1.

Di ajang Puteri Indonesia 2019, Jolene meraih juara runner-up 1 dan sempat mewakili Indonesia di kontes kecantikan internasional, Miss International 2019.

Sebagai figur publik dan ikon kecantikan perempuan Indonesia, Kepala Badan POM, Penny K Lukito, menganggap penting peran Jolene sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2019 dalam mengampanyekan penggunaan produk kosmetik yang aman. Menurut Penny, permintaan akan produk kosmetik di Indonesia sangat tinggi. Hal itu sering dimanfaatkan produsen-produsen kosmetik dalam memasarkan produk ilegal.

"Para Puteri Indonesia diharapkan dapat menjadi public figure, trendsetter, mungkin juga endorser dari suatu produk. Jadi, nanti kita sama-sama mewaspadai apa trik-trik yang harus dipahami. Informasi apa yang sebaiknya diberikan pada teman-teman sesama milenial dan konsumen lainnya untuk memilih dan menggunakan kosmetik yang aman," tambah Penny. (H-2)

Baca Juga

ANTARA/AHMAD SUBAIDI

Demam Berdarah masih Harus Diwaspadai

👤Media Indonesia 🕔Rabu 01 April 2020, 02:30 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan agar masyarakat tidak hanya terpaku pada pandemi covid-19, tapi juga tetap mewaspadai ancaman...
ANTARA/Arif Firmansyah

Langka, Penyandang Disabilitas Produksi Masker

👤Media Indonesia 🕔Rabu 01 April 2020, 01:00 WIB
Para penyandang disabilitas penerima manfaat (PM) di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya, Makassar,...
ANTARA /HARVIYAN PERDANA PUTRA

Dorong Keterbukaan untuk Putus Mata Rantai

👤Atikah Ishmah Wahyu 🕔Rabu 01 April 2020, 00:30 WIB
Keterbukaan informasi pasien positif covid-19 dapat berguna untuk meningkatkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya