Kamis 05 Maret 2020, 17:57 WIB

NasDem Gelar Lomba Anti Nyampah

Mediaindonesia.com | Humaniora
NasDem Gelar Lomba Anti Nyampah

ANTARA
Anggota Kelompok Bank Sampah Omah Sinau menyelesaikan pembuatan kerajinan bunga dari sampah plastik di Jambi, Kamis (13/2).

 

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar kembali menegaskan komitmen Indonesia dalam penanganan sampah dan mengurangi limbah padat hingga 70% pada tahun 2025. Sehubungan dengan ini, Siti menggandeng seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi mewujudkan Indonesia yang lebih bersih dan sehat.

“Jangan lihat sampah hanya sebagai sampah. Ayo kita pelajari dulu apa saja manfaat berkelanjutan dari barang-barang yang kita gunakan. Mengapa? Supaya saat kita membuang sampah, kita lebih sadar akan dampaknya untuk lingkungan hidup," ujar Siti lewat keterangan resmi yang diterima Media Indonesia, Kamis (5/3). 

Baca juga: Tara Basro Disebut Bisa Langgar UU ITE, Johnny Plate: Kata Siapa?

Pihaknya akan selalu bersama masyarakat untuk mendidik bagaimana meningkatkan kualitas hidup dari hal terkecil di rumah tangga. 

"Memilah sampah dengan tepat saja dapat menambah penghasilan rumah tangga, jika keluarga membawa sampah terpilah tersebut ke Bank Sampah yang kami siapkan,” ujar Ketua Dewan Pakar DPP Partai NasDem ini.

Dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun ini, Partai NasDem mengajak anak muda menunjukkan kreativitasnya untuk mengingatkan sesama warga Indonesia pentingnya buang sampah pada tempatnya dengan menggelar Lomba Anti Nyampah. 

Anak-anak muda dari generasi Z hingga milenial diajak untuk menunjukkan kreativitasnya dalam gambar dan ilustrasi bertemakan 'Dilarang Buang Sampah Sembarangan'.

Dalam peringatan Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2020, Partai NasDem ingin menyampaikan pesan bahwa beres-beres di rumah tidak harus hanya dilakukan oleh perempuan, dan bersih-bersih di lapangan tidak juga hanya menjadi domain pria saja. Ia melanjutkan, generasi Indonesia sekarang adalah generasi yang setara. NasDem menegaskan bahwa baik laki-laki maupun  perempuan harus bergotong royong untuk menjaga wilayah bebas sampah. 

“Sudah banyak anak muda yang aktif bergerak untuk menjaga lingkungan hidup. Namun semua tahu kalau itu belum cukup. Jadi, untuk meningkatkan kesadaran kita semua untuk membuang sampah dengan benar, tahun ini Partai NasDem menyelenggarakan kompetisi online nasional: Lomba Anti Nyampah dengan hadiah jutaan rupiah dan karyanya akan dipasang di kantong-kantong suara NasDem,” ungkap Ketua DPP Partai NasDem Bidang Pemilih Pemula dan Milenial, Lathifa Al Anshori.

Lathifa menambahkan bahwa dengan lomba ini, NasDem tidak hanya menunjukkan kedekatannya ke segmen muda, namun menunjukkan komitmennya untuk ikut menjaga lingkungan hidup secara aktif. Lomba digelar untuk tiga katagori: (1) Pemula/SMA, (2) Pelajar/Kuliah, dan (3) Profesional & Hobi.

Baca juga: Korona Meluas, Masyarakat Diminta Jaga Daya Tahan Tubuh

Kegiatan ini dimulai pada 5 Maret 2020, dan diberi batas waktu hingga 17 Maret 2020. Pengumuman pemenang akan dilangsungkan secara daring dengan live streaming dari YouTube dan Instagram resmi Partai NasDem pada tangga 20 Maret 2020. Hal ini dilakukan demi mengikuti prinsip hemat kertas untuk menjaga lingkungan hidup pula.

Bagi peserta yang ingin mendaftar persyaratannya, maksimal berumur 39 tahun (lampirkan kartu identitas), lakukan  tiga kali share iklan Lomba NasDem ini di media sosial (WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram) dengan mention akun NasDem dengan melampirkan hasil screenshot share. Ketentuan karya dikonversi/berbentuk digital dan dikirim ke email muda@nasdem.id sampai batas waktu yang telah ditentukan. (RO/OL-6)

Baca Juga

AFP

Miley Cyrus Mengaku Pernah Melihat UFO

👤MI 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 03:15 WIB
MUSIKUS asal Amerika Serikat, Miley Cyrus, barubaru ini membagikan pengalamannya yang tak...
Instagram @TIARAANDINI

Tiara Andini Masuk Nominasi Peraih AMI Awards

👤MI 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 02:50 WIB
SATU hal yang tak disangka-sangka oleh Tiara Andini, 19, masuk sebagai salah satu nomine di AMI Awards...
ANTARA

Dewa Budjana Tidak Terhalang Pandemi

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 02:30 WIB
GITARIS Dewa Budjana, 57, merilis lagu terbaru berjudul Kmalasana dari album Naurora yang akan ia luncurkan tahun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya