Kamis 05 Maret 2020, 17:00 WIB

Jual Masker Rp 300 Ribu, YLKI: PD Pasar Jaya Ngawur

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Jual Masker Rp 300 Ribu, YLKI: PD Pasar Jaya Ngawur

MI/Andri Widiyanto
Polda Metro Jaya melakukan sidak di Pasar Pramuka, Jakarta, menyusul kenaikan harga masker secara tidak wajar.

 

YAYASAN Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengkritik kebijakan PD Pasar Jaya yang menjual masker dengan harga Rp 300 ribu per kotak.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, menilai penetapan harga masker tersebut tidak wajar. Seperti diketahui, tingginya permintaan masyarakat menyebabkan harga masker melonjak tajam.

"Nah, yang saya kira ngawur itu PD Pasar Jaya. Anies harus menegur Dirut Pasar Jaya. Kan Pasar Jaya bisa mengakses dari produsennya langsung. Jadi, bisa mendapatkan harga yang wajar," kata Tulus saat dihubungi, Kamis (5/4).

Selaku bagian dari pemerintahan, lanjut dia, PD Pasar Jaya seharusnya melakukan operasi pasar, agar harga masker kembali normal.

Baca juga: Ini Harga Masker dan Hand Sanitizer di PD Pasar Jaya

"Jangan cari untung. Saya kira juga sekarang levelnya belum emergency ya soal korona. Untuk menenangkan warga, jual masker dengan harga wajar, bukan ikut-ikutan begitu," pungkas Tulus.

Menurutnya, harus ada pengaturan ulang terhadap tata niaga masker di dalam negeri. Mulai dari pembatasan pembelian, ketentuan penyimpanan, hingga larangan ekspor. Dia menkankan jangan sampai fenomena harga masker yang meroket, dicurigai sebagai upaya penimbunan.

"Bisa saja kalau dia (PD Pasar Jaya) tidak menjual langsung, dalam arti sengaja menyimpan. Disebut menimbun kan, ketika sengaja menyimpan dan kemudian tidak menjual ke pasar, dengan harapan ada lambungan harga," papar Tulus.

Selain YLKI, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta juga mengecam langkah PD Pasar Jaya yang menjual masker dengan harga mahal. Mereka menilai tindakan itu justru menyusahkan masyarakat menengah ke bawah, yang rutin berbelanja di pasar tradisional.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

PSBB Diterapkan, Kendaraan Menuju Jakarta Justru Naik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 07 April 2020, 20:47 WIB
Status PSBB tak membuat kepadatan kendaraan di gerbang tol utama Jakarta menurun. Sebaliknya, jumlah kendaraan menjngkat di empst gerbang...
istimewa

Kota Bogor Segera Ajukan PSBB ke Kemenkes

👤Dede Susianti 🕔Selasa 07 April 2020, 20:30 WIB
PSBB tidak bisa dilakukan oleh DKI Jakarta saja, atau Bogor saja. Jika PSBB dilakukan secara bersama-sama, se-Jabodetabek hasilnya jauh...
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Bermodal Alokasi Anggaran Rp334 M, Kota Bogor Ajukan PSBB

👤Dede Susianti 🕔Selasa 07 April 2020, 20:25 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyebutkan secara keseluruhan atau total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 334...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya