Kamis 05 Maret 2020, 14:26 WIB

Pemerintah Seragamkan Kebijakan Hadapi Virus Korona

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Pemerintah Seragamkan Kebijakan Hadapi Virus Korona

ANTARA
Pameran perbankan ritel

 

Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia, pemerintah dan perbankan menggelar rapat untuk menyeragamkan pandangan terkait kebijakan dalam mengantisipasi dampak virus korona terhadap perekonomian Indonesia.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, menuturkan kesamaan pandangan tersebut diperlukan utamanya pada pihak perbankan sebab perbankan menjadi kunci dari berbagai kebijakan pemerintah.

"Perbankan itu jadi transmisi yang penting dari semua kebijakan pemerintah. Kemarin, pemerintah dari Menko, Menkeu, BI dan OJK telah mengeluarkan kebijakan yang memberikan ruang pada ekonomi Indonesia agar tidak terlalu terdampak korona virus yang saat ini merebak ke beberapa negara," ujarnya, Jakarta, Kamis (5/3).

OJK, BI dan pemerintah, lanjutnya, telah memberikan keleluasaan pada pengusaha untuk tetap bisa menjalankan usahanya dan mengantisipasi gangguan yang mungkin akan timbul di kemudian hari.

Diketahui, BI telah mengeluarkan kebijakan untuk menopang sektor riil melalui penurunan giro wajib minimum (GWM) 50 basis points (bps), kebijakan triple intervension di pasar spot, Domestic Non Deliverable Forward (DNDF), dan  Surat Berharga Negara (SBN)  untuk meyakinkan pasar termasuk penurunan GWM perbankan menjadi 4% demi meningkatkan likuiditas.

Sebelumnya, pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan berupa insentif fiskal di sektor kepariwisataan. Hal itu meliputi potongan harga tiket pesawat mencapai 50% dan penghapusan penarikan pajak hotel serta restoran. Kebijakan itu berlaku untuk 10 destinasi pariwisata prioritas.

Sedangkan OJK merelaksasi kebijakan penghitungan kolektabilitas debitur yang semula tiga pilar menjadi satu pilar. Otoritas juga mempersiapkan pengaturan restrukturisasi kredit yang disalurkan kepada debitur di sektor yang terdampak virus korona. (E-3)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Swasembada Bawang Putih Makin Menjauh Akibat Aturan Dilanggar

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:28 WIB
selain menabrak UU No.13 Tahun 2010 tentang Hortikultura, juga sekaligus menyepelekan UU 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan...
MI/Putra Ananda

Pengusaha Garmen: Harga APD Rp50 Ribu karena Calo Jadi Rp1 Juta

👤Putra Ananda 🕔Senin 30 Maret 2020, 19:37 WIB
"Karena oknum dan calon tersebut, akibatnya harga APD yang beredar di pasaran saat ini melonjak hingga Rp300 ribu-Rp1 juta, padahal...
Antara/Idhad Zakaria

Menteri BUMN Pastikan Proyek Strategis Terus Berjalan

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 30 Maret 2020, 18:44 WIB
"Penting juga memberi sinyal positif bahwa di tengah-tengah kita amat fokus pada penanggulangan korona. Tapi tetap ekonomi kita harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya