Kamis 05 Maret 2020, 02:30 WIB

Persiapan Atlet Bisa Terdampak

Akmal Fauzisudah | Olahraga
Persiapan Atlet Bisa Terdampak

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
SEKRETARIS Jenderal Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Achmad Budiharto

SEKRETARIS Jenderal Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Achmad Budiharto mengatakan, diundurnya Olimpiade 2020 yang akan digelar di Jepang dipastikan membuat durasi latihan semakin panjang. Ujungnya, dana yang dibutuhkan akan membengkak.

Olimpiade tahun ini seperti diketahui berpotensi untuk digelar akhir tahun karena ancaman virus korona. Sebelumnya telah disepakati ajang empat tahunan itu bakal berlangsung pada Juli-Agustus.

"Ya pastinya berpengaruh, tapi kami kan enggak bisa apa-apa ya. "Kami hanya bisa menunggu kepastian tersebut sambil kami tetap menyiapkan para atlet untuk berlatih," kata Achmad saat dihubungi Media Indonesia, kemarin.

PBSI berharap pemerintah bisa memahami kondisi tersebut dan bisa mencari solusi seandainya Olimpiade tidak digelar sesuai waktu yang telah ditetapkan. Dalam nota kesepahaman yang dilakukan bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada bulan lalu, PBSI mendapat kucuran dana untuk program pemusatan latihan nasional Olimpiade sebesar Rp18,6 miliar.

Saat ini sudah ada tujuh wakil Merah Putih yang telah memiliki tiket masuk Olimpiade. Untuk tunggal dan ganda campuran, Indonesia memiliki dua wakil. PBSI kini tengah mengusahakan agar ganda campuran punya dua wakil di Jepang.

Dari cabang lain, Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) mengkhawatirkan atlet-atletnya tidak bisa mengikuti sejumlah turnamen internasional di luar negeri karena virus korona. Apalagi, ada beberapa ajang yang menyediakan poin untuk bisa ikut Olimpiade.

Misalnya, babak kualifikasi Olimpiade yang akan diikuti Riau Ega Agatha dkk di Berlin, Jerman, pada bulan depan belum bisa dipastikan akan diikuti atau tidak.

"Kami belum tahu, kami akan koordinasikan dengan Kemenpora dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Ini semua tergantung dari kebijakan pemerintah," kata Ketua Umum Perpani Illiza Sa'aduddin.

Mantan Wali Kota Banda Aceh itu menyebutkan sembari menunggu rekomendasi pemerintah, para atlet tetap melakukan latihan sebagai persiapan menuju Olimpiade.

Dari Jepang, penyelenggara Olimpiade menyatakan ada sejumlah kebijakan yang akan diterapkan di acara pawai obor jelang akhir bulan ini. Pembatasan jumlah penonton jadi salah satu keputusan yang mungkin bakal ditempuh. Selain itu, para pelari atau penonton yang sedang dalam kondisi tidak sehat juga diminta tidak ikut berpartisipasi.

"Kami berupaya untuk menyelenggarakan Olimpiade yang aman dan mencurahkan segalanya untuk bisa mewujudkan itu," kata chief executive panitia penyelenggara Olimpiade Toshiro Muto.

Berdampak ke PON

Wacana pengubahan jadwal Olimpiade diperkirakan juga akan berpengaruh terhadap penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan berlangsung mulai 20 Oktober.

Ketua Umum KONI Marciano Norman mengatakan, jika Olimpiade diputuskan diundur dan malah bersamaan dengan penyelenggaraan PON, akan ada penyesuaian untuk para atlet.

"Kami simulasikan kemungkinan kalau Olimpiade itu berbarengan dengan PON, misalnya atlet nasional yang akan berlaga di Olimpiade itu, mereka prioritaskan ikut Olimpiade," kata Marciano.

KONI, kata dia, akan terus berkoordinasi dengan federasi cabang olahraga di Indonesia dan KONI di daerah ihwal dampak virus korona yang bisa mengganggu berbagai ajang termasuk PON.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan Kemenpora dan juga Kementerian Kesehatan. Apa pun yang jadi saran Kementerian Kesehatan, akan kami jadikan rujukan," kata Marciano. (AFP/R-3)

Baca Juga

AFP/Emmanuel DUNAND

Kobe Bryant Masuk Hall of Fame

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 05 April 2020, 11:24 WIB
Selama 20 tahun kariernya di NBA, Kobe Bryant membela LA Lakers dan berkontribusi memberikan lima gelar...
AFP/Oli SCARFF

Minions Masuk Daftar 30 Tokoh Muda Paling Berpengaruh di Asia

👤Patrick Pinaria 🕔Minggu 05 April 2020, 07:00 WIB
Marcus/Kevin menjadi satu-satunya wakil atlet Tanah Air yang terpilih dalam kategori...
Antara/Aditya Pradana Putra

PABBSi Pastikan Anggaran Pelatnas Cukup Sampai Akhir Tahun

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 05 April 2020, 00:06 WIB
Piihaknya sudah berhitung dan yakin 70% dana pelatnas dari total usulan Rp11 miliar, bisa digunakan hingga akhir tahun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya